NGABANG. Penerimaan siswa baru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tidak dibenarkan untuk memungut biaya karena seluruh sekolah telah mendapatkan dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) yang dapat digunakan untuk penerimaan siswa baru. “Untuk itu penerimaan siswa baru mulai SD dan SMP digratiskan. Penerimaan dibuka 1 -10 Juli,” tegas Kepala Dinas Pendidikan Landak Aspansius, Sip ditemui Equator, dua hari lalu.
Lain halnya dengan SMA, boleh menerima biaya pendaftaran asal ada kesepakan Kepala sekolah, Guru, Komite dan orang tua siswa karena SMA sederajat tidak ada bantuan dana penerimaan muritd baru baru. “Seluruh sekolah akan menerima siswa baru mulai hari ini, untuk itu penerimaan siswa tidak dipungut biaya apapun kecuali setelah siswa lulus kemungkinan setiap sekolah ada pembayaran untuk kepentingan siswa itu sendiri, seperti pakaian seragam sekolah dan pakaian olahraga,” tegasnya.
Aspan juga menyingung siswa SD dan SMP yang belum beruntung pada UN lalu agar mengikuti paket A dan B yang akan dilaksanakan hari ini. Aspansius mengharapkan dengan dibukanya penerimaan siswa baru hari ini maka diharapkan kepada seluruh masyarakat Landak agar memasukkan anaknya di pendidikan pormal, baik SD, SMP maupun SMA. “Kitra harus mengikuti perogram wajib belajar sembilan tahun dan mempersiapkan diri dengan program 12 tahun dan saya menghimbau kepada orang tua agar memasukan anak-anaknya kesekolah,” harapnya.
Terpisah, Kasi Pendidikan Nonformal dan Informal F Pilik A.Ma.Pd jumlah siswa yang mengikuti paket A berjumlah 244 se Kabupaten Landak sedangkan paket B berjumlah 199 peserta. “Peserta di Kecamtan Ngabang hanya 13 orang, sengah Temila 125 orang, untuk kecamatan lain belum ada yang melaporkan, kita masih menuggu informasinya,” ujarnya saat ditemui Senin (29/6) diruang kerjanya kemarin. Untuk ujian paket A dan B di Kecamatan Ngabang akan dilaksanakan di SMP Maniamas Ngabang. Sedangkan di kecamatan Sengah Temila akan dilaksanakan di SMP Harapan Pahauman. “Jadi Paket ini akan dilaksanakan di kecamatan masing-masing,” tandas dia. (rie)
0 Response to 'Sekolah Dilarang Pungut Biaya'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo