NGABANG. Tahun ini sebanyak 12 desa di lima kecematan di Kabupaten Landak menerima proyek CWHS (Community Water Supply and Health) atau sarana air bersih. Adapun lokasi desa yang sudah ditetapkan dalam Surat Keputusan Tim Koordinator Kabupaten (TKK) Landak diantaranya, Desa Ambarang, Sungai Kelik, Engkadu Kecamatan Ngabang. Rees dan Sepahat Kecamatan Menjalin. Senakin, Keranji Mancal, Aur Sampuk Kecamatan Sengah Temila. Pongok, Ngarak Kecamatan Mandor. Sebaka, Tunang Kecematan Mempawah Hulu.
“Tapi ada beberapa desa yang mengundurkan diri, seperri Desa Aur Sampuk karena berdasarkan cakupan air di daerah setempat sudah mencukupi, dan dialihkan di Desa Sidas. Kemudian Desa Ngarak, warga belum siap untuk menerima program ini dan menjadi cadangan akan dilaihkan di Desa Simpang Kasturi,” kata Ketua TKK Landak, Alpius,S.Sos saat rapat pleno pemaparan dan pengesahan rencana kerja masyarakat desa lokasi CWSH Landak tahun 2009 di aula kecil kantor bupati, Jumat (10/7) kemarin.
Dikatakanya, proyek CWHS ini dikejakan swakelola oleh masyarakat, bahkan penetapannya juga melalui beberapa penilaian dengan kretaria seperti jumlah kepala keluarga di desa yang bersangkutan, tingkat kemiskinan, akses masyarakat penyediaan sarana air bersih, kejadian penyakuit terkait penggunaan dan penyediaan air pada satu tahun terakhir serta ketersediaan potensi sumber air. “Jadi dari 12 desa yang sudah kita tetapkan diharapkan siap menerima proyek ini,” tegas Alpius yang juga menjabat Kepala Bappeda Landak ini.
Senada diungkapkan Sekretaris TKK Landak, Sophia Tjakra bahwa tahun ini memang Landak menerima proyek CWSH sebanyak 12 edsa di lima kecamatan. Bahkan tahun 2008 lalu juga sudah terlaksana lima kecamatan dan hasilnya saat ini sudah bisa dinikmati masyarakat. “Kalau mau cek silahkan, saat ini warga sudah menikmati saran air bersih sampai di rumahnya masing-masing,” ujarnya. (rie)
0 Response to '12 Desa Terima Proyek CWHS'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo