*Biaya Ditetapkan Universitas

NGABANG. Ribuan lulusan SMA/sederajat beberapa hari ini berbondong-bondong mendatangi aula Dinas Pendidikan Landak untuk mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa jalur beasiswa Pemkab Landak di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Kristen Setia Wacana (UKSW). Namun, biaya pendaftaran dirasakan warga mahal mencapai Rp.250-Rp.350 ribu per orang tapi belum tentu lulus seleksi.
“Mau tidak mau lah bayar pendaftaran karena sudah ditetapkan biayanya, yang penting ikut test, mudah-mudahan lulus,” ujar salah satu pendaftar yang namanya enggan disebut ketika ditemui awak koran ini, kemarin.
Sementara itu, Kabid Dikmen Dinas Pendidikan, Saul Ngange, S. Pd dikonfirmasi tidak bisa memberikan keterangan jelas berapa jumlah kuota yang diterima untuk mahasiswa jalur beasiswa tersebut. Pastinya sejak 7-10 Juli yang mendaftar sudah mencapai 1600 lebih. “Untuk UNY sebanyak 800 lebih yang telah mendaftar, sedangkan UKSW 700 lebih, belum lagi besok (hari ini,red) mungkin akan mencapi ribuan orang,” ungkapnya.
Kemudian, bagi calon mahasiswa yang telah mendaftar di UNY akan mengikuti test, Rabu (29/7) di Kabupaten Landak di SMPN 2 Ngabang. Sedangkan tes UKSW lebih awal dilaksanakan Selasa (14/7) mendatang. “Tapi kita belum menetapkan di sekolah mana akan dilaksanakan tes yang jelas akan dilaksanakan di Ngabang dan yang mengetesnya nanti langsung dari universitas yang bersangkutan sedangkan hasil kelulusan ditetapkan universitas masing-masing,” jelasnya.
Ia menambahkan, calon mahasiswa dikenakan biaya pendaftaran yang sudah ditetapkan dari universitas masing-masing seperti UNY biaya pendaftrannya sebesar Rp.350 ribu dan UKSW sebesar Rp.250 ribu seperti halnya tahun lalu. Uang pendaftran tersebut lanjut Saul langsung ditransfer ke rekening Universitas yang bersangkutan sebanyak calon mahasiswa yang mendaftar. “Uang pendaftaran ini akan kita setorkan langsung ke universitas masing-masing, berapapun jumlah calon siswa yang mendaftar,” tegasnya.
Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Landak Sapansius, S.IP dikonfirmasi melalui via selularnya juga belum tahu persis berapa jumlah yang diterima. “Bagi Calon Mahasiswa yang dinyatakan lulus akan mendapat beasiswa baik di UNY maupun di UKSW, mereka tingal belajar saja,” ujar Aspan. (rie)
0 Response to 'Daftar UNY dan UKSW Terkesan Mahal'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo