*Persiapan Kunjungan Wisata Kalbar 2010

Pemkab Landak melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) sudah melakukan ekpose kepada semua stakeholder, Rabu (15/7) dengan tujuan untuk menyampaikan informasi tentang kesiapaan menyongsong tahun kunjungan Kalbar 2010. Menambah wawasan dan pengetahuan tentang budaya dan pariwisata. “Serta mencari dukungan kepada pihak-pihak dalam upaya mengembangkan dan mencari jalan pemecahan terhadap masalah budaya dan pariwisata di Kabupaten Landak,” papar Kepala Disporabudpar Landak Drs Lukas Kanoh MM.
Adapun untuk program dan kegiatan tahun 2010 yakni melakukan penambahan fasilitas seperti pagar dan tempat pertemuan di Makam Juang Mandor, melanjutkan rehabilitasi rumah betang Saham, penataan obyek wisata gunung sehak tahap pertama, penataan obyek wisata air terjun menanggar di Kecamatan Air Besar. “Kemudian melakukan promosi obyek wisata,” ujar Lukas.
Sedangkan program prioritas khusus untuk penataan gunung sehak dalam jangka pendek meliputi, dari output pembebasan lahan oleh Bagian Pemerintahan, pembuatan jalan masuk, pembuatan area parkir, pembangunan MCK, pembangunan kios atau gerai, pembangunan panggung hiburan terbuka oleh Dinas Pekerjaan Umum.
“Sedangkan out come, yakni sebagai tempat istirahat, eco tourism, tempat pasar rakyat atau wisata kuliner, tempat hiburan rakyat,” urai Lukas.
Lebih lanjut, untuk program jangka menengah, yakni pembangunan taman keluarga, pembangunan gedung pertemuan, pembangunan sarana olahraga (kolam renang,red) yang ada di Landak. sedangkan jangka panjang, pembangunan taman burung, pembangunan wisata rohani (gua maria, bukit doa dan lainnya), pembangunan rumah adat dan pengembangan hutan berburu. “Untuk itu dengan usul rekomendasi, maka dalam rangka keterpaduan pembangunan kebudayaan dan pariwisata, diperlukan kerjasama antara instansi pemerintah, swasta atau pengusaha serta masyarakat,” ungkapnya. (rie/bersambung)
0 Response to 'Melakukan Pembenahan Lokasi Wisata'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo