*Masyarakat Butuh Informasi

NGABANG. Sungguh ironis di saat informasi menjadi senjata mujarab bagi sosialisasi kebijakan maupun sarana informasi bagi bagi masyarakat. Namun patut disayangkan website yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak yang beralamat di www. www.landakkab.go.id hanya sebuah website yang syukur “ada”.
“Tidak ada informasi yang bisa diambil dari website ini. Hanya sebuah tampilan halaman depan yang berisi copypaste dari media lain. Artinya tidak selalu di update oleh pihak pengelola,” ujar Heri Irawan SP, Ketua GPPI (Gabungan Pemuda Pembangunan Indonesia) DPD Landak saat diskusi bersama wartawan di salah satu cafe di Ngabang, kemarin.
Padahal, lanjut Iwan ada beberapa fungsi dan manfaat dari adanya website atau situs remi Pemkab ini, antara lain, memperkenalkan dan mempromosikan kelebihan yang ada baik sumber daya alam maupun produk hasil bumi suatu daerah tertentu, agar dapat diketahui secara luas baik dalam skala nasional maupun internasional karena dapat diakses oleh siapapun melalui internet, agar dapat menarik minat investor dalam negeri atau investor asing menanamkan modal di wilayah Pemkab. “Memperlihatkan secara nyata kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh Pemkab dalam melaksanakan urusan pemerintahan kepada masyarakat umum secara luas,” urai Iwan yang juga Ketua Aliansi Reporter Landak (ARL) ini.
Selain itu, tersedianya sarana interaksi langsung antara Pemkab dan masyarakat, baik dalam wilayah Pemkab maupun diluar wilayah Pemkab, terutama para perantau dari daerah asal yang ingin memperoleh informasi secara langsung akan perkembangan pembangunan di daerah asalnya dengan tersedianya konten berita dan forum “Memberitakan produk-produk hukum yang dikeluarkan oleh Pemkab dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) yang dapat dilihat oleh masyarakat umum. Serta Menjadi indikator dan barometer bagi pembangunan daerah dari suatu Pemkab tertentu dengan Pemkab lainnya, sehingga tiap daerah terpacu untuk membangun wilayah daerahnya masing-masing, dan memperluas wawasan Pemkab akan informasi-informasi baru dari daerah lainnya,” tandas Iwan.
Sementara itu, Zaidi salah satu aktivis muda Kecamatan Mandor juga merasa prihatin website yang sudah dibuat Pemkab Landak tapi jarang di update, padahal yang penting untuk sarana informasi masyarakat Landak khususnya bagi yang bekerja atau pendidikan di luar Kalbar. Tapi pihaknya masih bersyukur ada pengelola blog yang rela mempublikasikan Kabupaten Landak seperti www.harianequatorlandak.blogspot.com. www. kapuaspostlandak.blogspot.com. www.wisatalandak.blogspot.com dan www.mandoronline.blogspot.com. www.adrianusasiasidot.blogspot.com. “Nah blog-blog ini selalu di update oleh pihak pengelola, sehingga kita bisa mengakses nya,” ungkap Zaidi. (rie)
0 Response to 'Website Pemkab Landak Tak di Update'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo