NGABANG. Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Landak menggelar kegiatan pelatihan wira usaha wanita rawan ekonomi di Kabupaten Landak selama dua hari, 26-27 Agustus, dengan peserta ibu-ibu di Kecamatan Ngabang. Acara yang dihelat di gedung swadaya Ngabang dibuka resmi oleh Wakil Bupati Agustinus Sukiman SH dan dihadiri para kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Landak.
Wabup Sukiman dalam pengarahannya, mengharapkan hasil dari pelatihan ini dapat dikembangkan di dalam keluarga, sehingga dapat meningkatkan perokomian, baik di dalam keluarga maupun di lingkungan masyarakat. “Jadi kita berharap ibu-ibu yang sudah mendapat ilmu selama pelatihan dapat dikembangkan,” ujar Sukiman.
Ia mengatakan, bahwa secara umum pembangunan berbagai bidang telah menunjukan kemajuan namun disisi lain, disadari maish ada bidang yang perlu untuk mendapatkan perhatian bersama. “Yaitu sektor peran wanita dibidang ekonomi masih dirasakan sangat rendah, akses kaum perempuan dalam pembangunan ekonomi relatif rendah sehingga berpengaruh terhadap rendahnya pendapatan keluarga,” urai Sukiman.
Kepala Badan PP dan KB Landak, Hj. Nyemas Srikandi, S.Sos mengatakan, pelatihan ini dengan nara sumber melibatkan organisasi kewanitaan, dinas koperasi perindustrian dan perdagangan (Koperindag) dan dari Badan PP dan KB sendiri. “Sementara peserta dari ibu-ibu di Kecamatan Ngabang,” ujarnya.
Menurut Nyimas, perempuan adalah salah satu pilar bangsa dalam pembangunan menuju peningkatan ekonomi keluarga, peranan perempuan ditengah-tengah gejolak ekonomi di Indonesia dan khususnya di Kabupaten Landak semakin sulit. “Sehingga perlu tangan-tangan terampil untuk mengatur ekonomi dalam keluarga, agar dalam kondisi apapun kaum perempuan mampu berjalan dengan sikap bijaksana,” tukas Nyimas. (rie)
0 Response to 'Pelatihan Wira Usaha Wanita Rawan Ekonomi'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo