NGABANG. Kebun sawit milik PT. Ichtiar Gusti Pudi (IGP) di Dusun Nahayak Kecamatan Ngabang yang ditanam Desember 2006 lalu, kini secara resmi dilakukan penen perdana dan penandatangan prasasti oleh Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot MSi yang disaksikan manajemen perusahaan, masyarakat dan pejabat dilingkungan Pemprov Kalbar dan Pemkab Landak, Jumat (14/8).
Bupati Adrianus As dalam arahannya, panen ini merupakan berkat bukan saja bagi perusahan tapi juga masyarakat di daerah ini dan bagi pemerintah baik Landak maupun provinsi Kalbar. “Pohon sawit yang mulai ditanam oleh Drs Cornelis MH (dulu bupati,red) pada Desember 2006 lalu, jadi belum tiga tahun sudah di panen, memang pohon ajaib. Selain umur semakin pendek karena kemajuan teknologi dibidang pertanian dan perkebunan yang terus memiliki bagaimana caranya agar umur semakin pendek, produksi semakin meningkat,” ungkap Adrianus.
Menurutnya, disyukuri bersama kebun sawit ini bukan semata-mata untuk kepentingan perusahaan atau pemiliknya, tapi kehadiranya memberikan manfaat bagi masyarakat baik di Dusun Nahayak Kecamatan Ngabang dan daerah Sengah Temila serta Kabupaten Landak umumnya.
“Kita semua bisa mendapatkan manfaat kebun ini baik langsung, maupun tidak lansung, misaknya perusahaan membangun jalan sepanjang 20 Km, sehingga warga bisa keluar dengan waktu yang sangat singkat. Dibanding dimasa lalu yang hanya mengandalkan jalur air dan jalan setapak, sekarang sudah terbuka akses jalan yang dibangun PT IGP dan pemerintah daerah secara bantu membantu,” urai Adrianus.
Sementara itu, Direktur Utama PT IGP, Raja Dato’ Seri Aman Raja Ahmad mengatakan, tanaman perdana tahun 2006 lalu, kini sudah berbuah dengan dilakukan panen perdana. Sehingga luas areal akan terus bertambah sejalan dengan program tannaman sawit. “Kita mengharapkan penamanan bibit pilihan dan unggul serta perawatan baik yang telah dilaksanakan selama ini akan terus mencapai yang tinggi,” ungkap Dato’.
Ia mengungkapkan, secara tulus pihak perusahaan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginnya Pemprov Kalbar dan jajarannya, Pemkab Landak dan jajarannya, tokoh adat beserta masyarakat yang bermukim di kecamatan Ngabang dan Sengah Temila atas dukungan dan kerjasama yang baik, sehingga perusahana dapat beroperasi berbudidaya tanaman sawit yang bisa dilihat hasilnya hingga dilakukan penen ini.
“Sebegai investor selalu akan mengikuti ketentuan hukum yang berlaku, baik peraturan daerah, peraturan pusat dan kebijakan maupun arahan yang diberikan oleh pejabat terkait,” ujar Dato’.
Perusahaan telah berinvestasi di Landak dalam kurun waktu cukup lama dan selalu menjadi mitra pemerrintah dalam melakukan pembangunan diberbagai bidang, melalui program yang memberikan efek ganda sehingga dimungkinkan berkembang perekonomian masyarakat di Landak khususnya di Kecamatan Ngabang. “Salah satunya pembangunan jalan dari Pal 20 sampai kelokasi sekitar 20 kilometer, maka membuka akses jalan di desa dan dusun yang terisolasi,” ujar Dato’.
Selanjutnya, dibidang tenaga kerja, perusahaan telah menciptakan tenaga lapangan dan merekrut dari masyarakat setempat dengan keahlian yang disesuaikan dan kebutuhan perusahaan. Dengan demiknan keberadaan perusahan di Landak dapat memberikan sumbangsih kepada pemerintah daerah dan masyarakat sekitar. “Sehungungan itu perusahaan akan terus bekerja keras demi tercapainya kerjasama yang baik, antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat Landak,” tandas Dato’.
Di acara panen perdana sawit tersebut, Bupati didampingi istri tercintanya, Ny. Maria Bernadetha, hadir Kepala Dinas Perkebunan Kalbar Edward Haris, para kepala dinas/instansi dilingkungan Pemkab Landak dan Muspida Landak. Kemudian, dari PT IGP sendiri langsung Direktur Utama Raja Dato’ Seri Aman Raja Ahmad didampingi AZRB dari Kuala Lumpur diantaranya, Dato; Seri Wan Zaki Wan Muda, Dato’ Haji Mustafa Mohammad, Dato’ Ismail Said, Capt. Ab. Rahman Abusamah, Mohamad Akhir Man dan jajaran maneger PT IGP seperti M.Syahrizal Irawan, Syaiful Bahri didampingi dari pengurus koperasi A.Syaidan Ameng, pada kepala desa, kepala dusun dan tokoh masyatakat setempat. (rie)
0 Response to 'Bupati Penen Perdana Sawit di Kebun PT. IGP'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo