*Malam Pertama Sholat Taraweh di Ngabang

NGABANG. Ribuan umat Islam memenuhi masjid dan surau pada hari pertama pelaksanaan sholat taraweh ramadhan, Jumat (21/8) tadi malam. Keramaian masjid dan surau sudah terlihat selepas sholat magrib. Umat Islam mulai berdatangan ke masjid dan surau sejak pukul 17.30 wib untuk melaksanakan sholat magrib, isya yang dilanjutkan dengan taraweh berjamaah.
Bahkan, tidak sedikit masjid maupun surau tidak bisa menampung para jamaah, sehingga di teras masjid pun digunakan untuk sholat di bulan yang penuh barakah tersebut. Adapun sejumlah masjid di Kota Ngabang yang dipenuhi jemaah diantaranya masjid Besar Suhada Dusun Tungkul, Masjid Baiturrahman Jalan Pulau Bendu, Masjid Jami Keraton Ismahayana dan sejumlah surau yang ada di Kota Ngabang.
Kondisi yang sama juga terlihat di masjid–masjid lainnya yang ada di kecamatan seperti halnya di masjid Ilhamiyah Simpang Pongok Kecamatan Mandor. Kendati masjid yang sudah berumur tua ini saat sedang proses rehap total belum tuntas. Tapi jemaah tetap membludak baik laki-laki maupun perempuan untuk solat isya dan tarawih berjamaah.
“Habis sholat tarawih malam pertama, dilanjutkan acara pembacaan doa sebagai tanda penyambutan bulan puasa, masyarakat membawa makann di masjid untuk di bacakan doa dan makan bersama,” ujar Jamali seorang warga yang berdomisili di sampingi masjid tersebut.
*Pasar Juadah
Setiap bulan suci Ramadan tiba, suasana di Kabupaten Landak juga akan terasa dan terlihat, seperti munculnya pasar juadah untuk santap buka puasa di tepi-tepi jalan di Kota Ngabang. Pusat pasar juadah berada di terminal Ngabang, pantauan koran ini kemarin sore terlihat pihak panitia sudah memasang tenda dengan ukuran panjang di tepi terminal. Di tempat lain, di sepanjang tepi jalan kawasan Dusun Tungkul juga banyak warga membuka warung kecil untuk jualan sejumlah kue. “Kita buka di sini sudah tiap tahun, kadang kalau kita ada juga buat kue, tapi rata-rata dar orang-orang yang menitip di sini,” ujar seorang warga yang sudah bersiap akan jualan kue buka puasa.
Di pasar juadah, kue dan minuman segar yang disuguhkan berbagai jenis termasuk mulai dari harga paling murah Rp.1000 satu buah kue. Tapi, di kawasan tepi jalan Tungkul seperti tahun lalu masih ada ditemukan harga kue Rp.500 per buahnya. (rie)
0 Response to 'Ribuan Umat Muslim Penuhi Masjid dan Surau'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo