NGABANG. Rombongan Berbasikal Jom Kayuh Pan Borneo 2009 yang mana mayoritas pesertanya dari Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia, Sabtu (15/8) pukul 15.13 WIB sore sampai di Ngabang Kabupaten Landak. Rombongan langsung disambut Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot MSi dan para pejabat di lingkungan Pemkab Landak di halaman Kantor Bappeda kemudian bersama-sama naik sepeda sampai di halaman Kantor Bupati Landak. Bupati naik sepeda engkol model ganda bersama istri tercintanya Ny. Maria Bernadehta. Ketika sampai di kantor bupati, rombongan disuguhkan tarian adat dayak dan hidangan, dilanjutkan malam ramah-ramah di aula kantor bupati dan sejumlah stand pameran produk lokal Kabupaten Landak.
Menurut Cahyatanus SH peserta Jom Kayuh asal Landak, rombongan mulai start tanggal 13 Agustus di Sampoerna Sabah dengan jumlah peserta 100 orang hanya ketika sampai di Ngabang tinggal 40 orang yang bertahan. Karena mengelilingi rute diantaranya, Sandakan, Randau, Kidat, Kota Kini Balu, Labuan, Brunai Darussalam, Miri, Bintulu, Sibu, Seriaman, Khucing, Tebedu, Kembayan (Kalbar) dan Landak. “Rencana besok (pagi ini,red) melanjutkan perjalanan ke Mempawah dan Kota Pontianak, rata-rata perjalanan 75 kilometer baru istrirahat seperti di Landak ini,” ungkap Tanus.
Sedangkan peserta dari Kalbar berjumlah 15 orang, diantaranya dari Kabupaten Landak dirinya dan Mohzai SP yang juga anggota DPRD Landak. “Tujuan Jom Kayuh ini salah satu kampanye mengajak lapisan masyarakat untuk bersepeda, karena selama ini mereka menggunakan kendaraan,” ujar Tanus.
Sementara itu, Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot Msi menyambut baik kehadiran rombongan Jom Kayuh Pan Borneo, baik peserta dari Sabah, Serawak maupun Indonesia yakni Kalbar. “Saya atas nama pribadi dan jajaran Pemkab Landak serta seluruh masyarakat Landak menghaturkan ucapan selamat datang di Bumi Intan Kabupaten Landak Provinsi Kalbar kepada rombongan Berbasikal Jom Kayuh Pan Borneo 2009,” ucap Adrianus dihadapan peserta Jom Kayuh.
Pihaknya merasa sangat bahagia dan mendapat kehormatan dengan dipercaya kabupaten Landak sebagai tempat persingahan bagi rombongan, sebagaimana diketahui memang Landak ini terletak di lintasan jalur dari Pontianak-Entikong, Kuching, Sabah dan Brunai Darussalam. “Landak tertelah teratak di jalan Internasional, maka sering kali dilintasi oleh pelancong dari negara tetangga seperti Serawak, Brunai dan Sabah,” ungkap Adrianus. (rie)
0 Response to 'Peserta Jom Kayuh Pan Borneo ‘Mampir’ di Landak'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo