*Jelang Ramadan dan Idulfitri

NGABANG. Menjelang Bulan Suci Ramadan dan Lebaran Idulfitri masyarakat Kabupaten Landak menjerit karena harga barang di pasar mulai merangkak naik. Bupati angkat bicara dan menghimbau kepada para pedagang jangan menaikan harga barang khususnya sembako, Pemkab berjanji dalam waktu dekat akan melakukan operasi pemantauan harga dan stok barang di pasaran.
“Saya menghimbau kepada para pedagang, janganlah menaikan harga barang sembako semaunya, apalagi harga gula hampir mencapai Rp.10 ribu per kilogramnya, kemudian untuk stok barang, jangan ditumpuk-tumpuk,” tegas DR Drs Adrianus Asia Sidot Msi Bupati Landak kepada wartawan usai sidang penyampaian nota RAPBD Perubahan tahun 2009 di gedung DPRD, Kamis (20/8) kemarin.
Adrianus akan memerintahkan kepada Dinas Koperasi Perinsutrian dan Perdagangan (Diskoperindag) untuk melakukan pemantauan pasar untuk ketersedian barang khususnya sembako menjelang bulan puasa, lebaran, natal dan tahun baru. “Saya akan minta Diskoperindag untuk memantau langsung pasar terutama untuk ketersediann barang sembako,” ujar mantan Kadis Pendidikan ini.
Terpisah, Kepala Diskoperindag Landak Marius mengatakan, kenaikan harga sejumlah sembako memang sering terjadi menjelang perayaan hari besar keagamaan. Para pedagang sembako ini memanfaatkan situasi dengan momen perayaan hari besar keagamaan. “Apalagi menjelang perayaan hari besar keagamaan seperti lebaran, natal dan tahun baru biasanya konsumen melakukan aksi borong terhadap sejumlah sembako,” ujarnya.
Marius mengimbau kepada para pedagang supaya tidak menaikan harga sembako sampai kelewat batas. Oleh karena itu Diskoperindag Landak akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memantau harga dan ketersediaan sembako. “Tapi kita berharap jangan sampai terjadi hilangnya stok sembako dipasaran. Sebab jika stok sembako hilang dipasaran, biasanya pedagang akan menaikan harga,” paparnya. Ia menambahkan, untuk di Landak sendiri, khususnya di Kota Ngabang belum ada aksi borong sembako yang dilakukan konsumen.
Ketika ditanya apa ada rencana Diskoperindag Landak menggelar bazaar murah terhadap sembako? Ia menjawaan, kemungkinan pihaknya akan menggelar bazaar murah. “Kemungkinan bazaar murah yang akan kita lakukan ini akan digelar menjelang lebaran,” tukas mantan Sekwan ini.(rie)
0 Response to 'Bupati Imbau Pedagang Jangan Naikan Barang'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo