*Sertifikat Gratis untuk Petani (2)

KESERIUSAN Pemerintah untuk membantu masyarakat petani terus digenjot. Apalagi sejak dilanda krisis keuangan global, salah satu solusi adalah memanfaatkan lahan kosong untuk diolah menjadi sumber pendapatan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.
Nah, mulai tahun 2009 ini untuk di Kalbar sendiri tanah milik petani sudah dibantu untuk disertifikatkan secara gratis. Ini merupakan salah satu program pemerintah pusat dalam hal ini yaitu Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI.
“Progran pemerintah dari tingkat atas hingga sejalan di tingkat provinsi dan kabupaten, kali ini kita serahkan sertifikat kepada petani sebanyak 14.657 sertifikat,”kata Kepala BPN Kalbar, Ir Emil AE Faulan Msi saat acara penyerahan simbolis sertifikat secara massal di Bukit Soeharto Kecamatan Mandor Kabupaten Landak, Kamis (23/4).
Saat itu pula Kepala BPN RI Joyo Winoto PhD memberikan suatu penghargaan kepada Gubernur Kalbar Drs Cornelis MH beserta para Bupati/Walikota se Kalbar, agar menjadi suatu simulasi untuk ke depan bisa memberikan kontribusi langsung di bidang pertanahan.
“Ini penghargaan karena Gubernur dan Bupati/Walikota mempunyai kontribusi langsung dengan pertanahan,” kata Joyo Winoto.
Sementara itu, Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot Msi mengatakan pihaknya mengaku memperhatikan kepada petani tidak sebatas program sertifikasi tanah pertanian secara gratis saja, tapi Pemkab Landak juga menempuh langkah-langkah dengan memberikan alat dan msein pertanian atau mekanisme pertanian, pengadaan saran produksi seperti bibit unggul, obat-obatan pukuk dan lain sebagainya.
Sedangkan untuk pendampingan petani di Landak pemerintah juga membentuk lembaga teknis daerah untuk menangani pertanian secara komprehensip yakni dinas pertanian dan badan pelaksana penyuluhan dan ketahana pangan Landak dengam dibentuk dua lembaga ini diharapkan dapat membantu para petani dalam peningkatan kemampuan serta pengusahaan teknologi pertanian sehingga. “Diharapkan upaya pada muara pada peningkatan ekonomi,” ungkap Adrianus.
Pemkab dan masyarakat Landak mengucapkan teriam kasih kepada pemerintah khusus BPN RI dan Pemerintah Provinsi Kalbar yang telah memberikan kehormatan dan kepercayaan kepada kabupaten Landaksebagai sasaran pembaharuan agraria nasional dengan pola retribusi tanah pertanian melalui sertifakasi lahan pertanian ini. “Program ini sangat membantu kami dalam upaya meningkatkan kesejatehan petani ndan kami berharap agar program ini terus dilakukan sehingga bisa mencakup kecamatanm danm desa lain di Landak ini. Kami akan terus menganggarkan program ini di dalam APBD kami,” tukas Adrianus. (rie/bersambung)
0 Response to 'Pemerintah Akan Terus Anggarkan di APBD'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo