*Dari 8 Kursi di Dapil Landak I

Ngabang, Equator
Sidang pleno rekapitulasi perhitungan suara di KPU Landak dimulai sejak Jumat (17/4) siang kemarin belum semua terkumpul semua. Karena masih ada PPK belum rampung seperti di PPK Ngabang, namun untuk daerah pemilihan (dapil) Landak I (Ngabang-Jelimpo) sudah dapat diprediksi siapa-siapa saja yang berpeluang merebut 8 kursi di DPRD Landak. Berdasarkan sumber Equator dari data Desk Pemilu Pemkab dan PPK Jelimpo, figur yang berpeluang yakni Mohzai dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Syahdan Anggoi dari Partai Demokrat, Klemen Apui dari Partai Golkar, Victorius dari Partai Barisan Nasional (Barnas), M.Depinawati dari Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Anjiu dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Cendra Sunardi dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Minadinata dari Partai Damai Sejahtera (PDS). Dari 8 kursi yang berhasil direbut para caleg tersebut diantaranya dewan incumbent juga berhasil mempertahankan kursinya yakni Mohzai (dewan PAW,red), Klemen Apui, Maria Depinawati dan Minadinata.
Terpisah, Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot Msi saat membuka rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara di KPU kemarin mengatakan, semua pihak patut bersyukur kendati masih ada masalah-masalah kecil di lapangan, tapi secara umum Pemilu legislatif dan DPD di Kabupaten Landak berjalan dengan aman, tettib dan lancar. “Persoalan di lapangan mari diselesaikan secara mekanisme atau aturan perundang-undangan yang ada,” tegas Adrianus.
Ia juga meminta kepada semua pihak hendaknya menerima hasil dengan berbesar hati dan obyektif apa yang ada. Karena inilah hasil kerja keras para caleh dan pengurus parpol sejauh mana kepercayaan dari masyarakat sehingga dapat diukur bersama. “Jika memang ada suatu kebetaran atau sanggahan terhadapa hasil Pemilu, agar bisa dilakukan atau disampaikan dengan etis sesuai mekanisme yang ada. Karena memang semua orang berhak mengeluarkan pendapat suara, tapi tapi harua berpegang pada etika yang sudah disepakati bersama,” tegas Adrianus.
Adrianus juga menegaskan, semua harus bertanggungjawab terhadap kondisi Kamtibmas yang ada, sehingga bukan hanya aparat keamanan saja tapi semua pihak khususnya bagi mereka yang berkepentingan dalam Pemilu ini. “Jangan sampai kita mencederai demokrasi yang ada, rakyat sudah memberikan yang terbaik maka harus dihargai,” ujar Adrianus.
Sementara itu, pelaksanaan rekapitulasi yang dilaksanakan 17-19 April setiap harinya dibagi tiga sesi, untuk sesi pertama pukul 09.00-12.00, sesi kedua pukul 14.00-17.00 dan sesi ketiga pukul 19.00-24.00. perhitungan yang berlangsung di sekretariat KPU lantai II tersebut sudah disepakati bersama tata tertip diantaranta yang bisa masuk di ruangan adalah para saksi parpol yang telah diberi mandat secara tertulis oleh peserta Pemulu anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten minimal satu orang dan tidak boleh digantikan terkecuali saksi tersebut sakit atau berhalangan serta saksi pengganti harus mendapat informasi dari saksi yang digantikan tentang sejauh mana ahsil rekapitulasi telah dilaksanakan. Tampak dalam cara pembukaan hadir jajaran Muspida Landak, tokoh masyarakat dan pastinya Panwaslu Kabupaten Landak. Sidang dipimpin Ketua KPU Landak Ir Sudianto didampingi anggotanya, Dra Theresia Ms Ursus, Ya’ Dedi Sufriadi SP, Lomon S.Sos dan Bonifasius, SAg. (rie)
0 Response to 'Diprediksi 50 % Dewan Incumbent Duduk'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo