*Sertijab Danyon Armed dihadiri Pangdam

Ngabang, Equator
Jabatan Komandan Yon (Danyon) Armed 16/105 Tarik Ngabang, Letkol ARM Teddy Surachmat diserahkan kepada komandan baru, Letkol Moch. Erwansjah SIp. Acara upacara serah terima jabatan (sertijab) di lapangan markas Armed, Selasa (21/4) kemarin bertindak inspektur upacara Pangdam VI/Tanjungpura Mayjen TNI Tono Suratman.
“Batalyon Armed 16/105 Tarik sebagai salah satu satuan bantuan tempur Kodam VI/Tanjungpura mempunyai peran penting dalam mendukung tugas pokok Kodam VI/Tanjungpura. Khususnya dalam menciptakan stabilitas keamanan wilayah yang kondusif bagi lancarnya roda pembangunan nasional di daerah Kalimantan,” kata Pangdam dalam arahannya.
Menurutnya, pemahaman terhadap tugas pokok satuan tersebut, harus dapat dihayati secara benar. Terutama terhadap hal-hal yang mendasar, baik pengetahuan maupun teknis operasional yang berkaitan langsung dengan fungsi dan tugas satuan. “Kemampuan dan keterampilan melakukan pembinaan territorial secara terbatas juga harus ditingkatkan oleh satuan ini setiap saat. Kemampuan melakukan binter terbatas akan menjadi kunci keberhasilan satuan ini, khususnya dalam hal upaya mewujudkan stabilitas di daerah,”paparnya.
Ia menegaskan, situasi seperti itu harus dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang dengan terus melakukan pembinaan kewilayahan secara intensif dan terpadu.
Berkaitan dengan itu ia berharap daya antisipasi, kepekaan dan kesiagaan prajurit Yon Armed 16/105 Tarik harus tetap terpelihara dan benar-benar tercipta secara optimal. Upaya deteksi dini, cegah dini dan lapor cepat secara hirarkis harus menjadi bagian dari sikap dan perilaku setiap prajurit dalam menyikapi setiap gejala yang timbul pada lingkungan tugasnya. “Kondisi dan kesiapsiagaan satuan ini bisa tercipta manakala didukung oleh kualitas prajurit yang professional. Karenanya upaya peningkatan kemampuan satuan tidak dapat ditawar lagi,” tegas Pangdam.
Menurutnya, profesionalisme prajurit yang dilandasi dengan jiwa dan semangat Sapta Marga serta Sumpah Prajurit merupakan pilihan terbaik dan seyogyanya menjadi prioritas bagi komandan yang baru. “Saya tekankan kepada pejabat baru agar dapat melaksanakan amanah yang dipercayakan pimpinan ini dengan penuh rasa tanggungjawab. Kemampuan mengembangkan kegiatan dan kreatifitas yang disesuaikan dengan dinamika di lapangan merupakan tuntutan agar kinerja Batalyon semakin meningkat. Pengabdian terbaik satuan tercermin oleh pengakuan masyarakat, baik di basis maupun di tempat tugas,” ingat Pangdam.
Usai upacara sertijab dilanjutkan dengan berbagai atraksi seperti Tarian perang adat Dayak, Pencaksilat yang ditampilkan dari Polres Landak dan Armed Sendiri. Selain itu anak-anak pramuka binaan Armed 16/105 juga tampil memeriahkan sertijab tersebut, Tidak hanay itu atraksi tenaga dalampun ikut memeriyahkan dengan mematahkan besi baja, menghancurkan batako dan genteng dengan mengunakan tangan dan kepala. Usai pertunjukan atrasi dilanjutkan dengan ramah tama.
Hadir pada Upacara sertijab tersebut Bupati Landak, Drs Adrianus Asia Sidot, M,SI. Pangdam VI Tanjungpura Mayjen TNI Tono Suratman beserta rombongan sekaligus memimpin Upacara Sertijab, Danrem 121 ABW Kolonel Inf Nukman K, Dan Brig 19 Kahatulistiwa Letkol Inf Aripin, Kapolres Landak AKBP Drs Tony Ep Sinambela, M.Si, Kapolres Kabupaten Pontianak AKBP Para Dansat, Dandim Sekalbar, Kapolsek, Kepala Dinas, serta Tokoh Masyarakat. (rie)
0 Response to 'Erwansjah Gantikan Teddy Surachmat'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo