*Penyerahan di ‘Bukit Soeharto’ Mandor

Ngabang, Equator
Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI Joyo Winoto,Ph.D rencana 24 April mendatang akan menyerahkan 1000 persil sertipikat tanah kepada petani tanaman pangan yang dipusatkan di ‘Bukit Soeharto’ eks lokasi penghijauan di Kecamatan Mandor Kabupaten Landak. “Sejak awal tahun ini BPN Landak fokus mengukur dan menggarap redistribusi tanah khusus lahan pertanian 1000 bidang yang terletak di Desa Kayu Tanam dan Ngarak Kecamatan Mandor,”kata Kepala BPN Landak Drs Domdom Pangaribuan kepada pers di kantornya, belum lama ini.
Menurut dia, dalam menggarap 1000 sertipikat ini, pihak BPN dibantu 10 juru ukur dari Kanwil Pertanahan Provinsi Kalbar dan baru saja selesai diukur, setelah itu akan digarap di BPN Landak sehingga pada 15 April nanti semuanya harus sudah siap dibawa Kanwil di Pontianak. “Nah tanggal 22 April nanti baru akan diserahkan langsung oleh Kepala BPN RI kepada para petani,” ujar Pangaribuan.
Setelah acara penyerahan sertipikat, maka BPN akan mulai untuk menggarap 600 persil sertipikat Prona (Proyek Nasional Agraria) sebagai mana dietahui bahwa di BPN Landak tidak ada juru ukur khusus, maka akan ditugaskan pejabat kantor yaitu Kasubag TU sebagai juru ukur. Sementara ini tenaga sesuai dengan personil yang ada hanya 19 orang sebenarnya idealnya pegawai kantor pertanahan kabupaten menurut struktur yang di buat oleh BPN pusat seharusnya 41 orang, akibatnya banyak jabatan yang kosong tetapi dirangkap. “Maka kita hanya sanggup menggarap 600 persil saja karena prona ini merupakan proyek yang disubsidi dari APBN,” ungkap Pangaribuan.
Terpisah Kasi HTPT BPN Landak, Rudi Agustiawan menambahkan, tahun 2009 ini ada 10 Desa di 6 Kecamatan mendapat Prona, yakni Kecamatan Mempawah Hulu 150 persil meliputi Desa Pahang 50 persil, Desa Tunang 50 persil dan Desa Tiang tanjung 50 persil. Kecamatan Sengan Temila 220 persil meliputi Desa Sidas 100 persil, Desa Tonang 70 persil dan Desa Senakin 50 persil. Kecamatan Air Besar Desa Serimbu 30 persil, Kecamatan Mandor Desa Mandor 100 persil, Kecamatan Sompak Desa Sompak 50 persil, dan kecamatan Jelimpo Desa Tubang Raeng 50 persil. (rie)
0 Response to '1000 Persil Sertipikat Tanah Petani Akan Diserahkan'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo