Jumlah Kursi Parpol Besar Dilibas Parpol Baru


Ngabang, Equator
KPU Landak hingga saat ini memang belum memutuskan partai politik (parpol) dan calon legislatif mana yang bakal mendapat kursi di DPRD Landak. Tapi Equator memprediksi berdasarkan data yang terhimpun, dari 35 kursi di DPRD, jatah untuk parpol besar berkurang dari sebelumnya dan akan diwarnai parpol baru.
Untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) jika Pemilu 2004 lalu 8 kursi tapi tahun ini 7 kursi meliputi Dapil Landak I (Ngabang-Jelimpo) 1 kursi, Dapil Landak II (Sengah Temila, Sebangki, Mandor) 2 kursi, Dapil Landak III (Mempawah Hulu, Menjalin, Sompak) 2 kursi, Dapil Landak IV (Menyuke, Meranti, Banyuke Hulu) 1 kursi, Dapil V (Kuale Behe, Air Besar) 1 kursi. Partai Golkar Pemilu 2004 dapat 6 kursi tahun ini 5 kursi meliputi masing-masing Dapil memperoleh satu kursi. Partai Demokrat berhasil menambah kursi jika Pemilu 2004 hanya 3 kursi sekarang menjadi 4 kursi, dari lima Dapil, satu kosong yakni di Landak IV. Selanjutnya Partai Damai Sejahtera (PDS) juga bertahan memperoleh 2 kursi meliputi dari Dapil Landak I dan Landak V. Kemudian tahun ini parpol baru yang berhasil meraih 3 kursi yakni Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) meliputi dari Dapil I dapat 1 kursi, Dapil II 1 kursi dan Dapil IV 1 kursi. Disusul Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) berhasil memboyong 2 kursi meliputi Dapil Landak II dan Landak III. Sedangkan parpol lain yang diprediksi masing-masing 1 kursi diantaranya, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dari Dapil Landak I, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dari Dapil Landak I, Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) dari Dapil Landak III, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI) dari Dapil Landak II, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dari Dapil Landak II, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Dapil Landak IV, Partai RepublikaN dari Dapil Landak II, Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) dari Dapil Landak III, Partai Persatuan Daerah (PPD) dari Dapil Landak II, Partai Indonesia Baru (PIB) dari Dapil Landak IV, Partai Barisan Nasional (Barnas) dari Dapil Landak I, dan Partai Indonesia Sejahtera (PIS) dari Dapil Landak II.
Terpisah, legislator dari Golkar, Klemen Apui SIP mengakui untuk hasil Pemilu Legislatif 2009 ini kursi di DPRD Landak ada warna-warni, karena sejumlah partai baru juga mendapat kursi minimal satu. “Tahun ini kursi di DPRD bakal ada warna,” ujar Apui saat diskusi dengan wartawan di salah satu cafe di Ngabang, Sabtu (18/4).
Menurut legislator yang bakal duduk ketiga kalinya ini, mengaku dari hasil perhitungan caleg Golkar di lima Dapil yang ada memperoleh satu-satu. Memang untuk memperoleh kursi penuh perjuangan keras apalagi Pemilu sekarang jumpar parpol sangat banyak. “Memang kita belum tahu berapa kursi untuk Golkar, ini hanya hitungan kita saja, pastinya masih menunggu keputusan KPU selalu penyelenggara Pemilu,” ujar dia. (rie)
0 Response to 'PDI-P dan Golkar Kecolongan, Demokrat Bertambah'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo