*Jatah 2 Bulan Rp.200 Ribu

Ngabang, Equator
Ribuan Rakyat Tepat Sasaran (RTS) Kabupaten Landak berbondong-bondong mendatangi Kantor Pos Cabang Ngabang untuk mengambil jatah Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama Januari-Februari 2009 sebasar Rp.200 ribu. Di Kecamatan Ngabang disalurkan sejak, Senin (18/5)- Kamis (21/5) mulai pukul 08.00-15.00, kantor pos yang terletak di Jalan Kantini tersebut sejak pagi kemarin mendadak ramai orang yang berdesakan untuk mengantre pengambilan uang dari pemerintah itu. “Saya datang sebelum jam delapan tadi, lumayan lama antreannya. Rencana uang Rp.200 ini akan kita belikan obat untuk bapak (suami,red) karena sudah lama sakit strok terbaring di rumah, sisanya untuk beli beras,” tutur Supiyah, 70, warga Desa Hilir Tengah ditemui awak koran ini usai mengambil uang BLT, pagi kemarin.
Nenek yang sudah lanjut usai ini datang di kantor pos tersebut sendirian, karena suamianya terbaring sakit di rumah. Sedang anak-anaknya semua sudah berkeluarga dan ia tinggal di rumah hanya berdua dengan suami tercintanya. “Saya kerja ambil kankung untuk dijual di pasar nak,” Supiyah sambil memegang uang 200 ribu di tanganya dengan bergetar.
Senada diutarakan, Rusman, 75, pria yang sudah sempoyongan ketika berjalan sendiri ini terpaksa harus di pegang petugas kepolisian untuk menuju meja petugas BLT. Ia mengaku, uang yang diterimanya patut disyukuri karena pemerintah telah memberikan rezekinya kepada rakyat kecil. “Rencana untuk beli beras dan keperluan lain,” ucapnya sambil sambil duduk.
Pantauan Equator, penyaluran BLT di Kantor Pos Ngabang tahun ini berbeda dengan tahun 2008 lalu. Karena terlihat antrean sampai terjadai desak-desakan sehingga pihak aparat keamanan yang di back up dari Polsek Ngabang terpaksa mengatur kondisi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Animo warga miskin untuk mengambil uang yang menjadi haknya cukup tinggi, itu terlihat sejak pagi puluk 06.00 sebelum kantor buka sudah ramai berdatangan. “Kalau tahun lalu, tidak terlalu ramai, karena banyak warga di kuasakan oleh kepala desa,” ujar warga yang namanya enggan dikorankan.
Sementara itu, Kepala Kantor Pos Ngabang, Akhmadi menjelaskan, untuk di Kecamatan Ngabang ada 32 desa, tapi secara bertahap di hari pertama sebanyak tujuh desa. Sedangkan untuk kantor Pos Ngabang menangani tiga Kecamatan yaitu, Ngabang, Kuala Behe dan Air Besar. Sedangkan di Kecamatan lainnya seperti Menyuke, Menjalin, Mandor, Sengah Temila, mereka masing-masing sudah ada kantor pos sendiri. “Khusus kita, di Ngabang kita bagikan dari tanggal 18-21 Mei, sedangkan di Air Besar (Serimbu) tanggal 22-23 Mei dan Kuala Behe 24 Mei mendatang,” jelas Akhmadi dikonfirmasi di kantornya, kemarin.
Sedangkan sistem penyaluran dana BLT, masih menggunakan kupon tahun 2008 yang masih di pegang para RTS. Namun, jika kopon tersebut hilang, harus ada surat keterangan dari kepala desa yang dilapiri KTP dan KK. “Jadi, kita masih gunakan kupon tahun lalu,” ujarnya singkat. (rie)
0 Response to 'Warga Miskin Berdesakan Ambil BLT'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo