*Berharap Kelulusan 100 Persen

Ngabang, Equator
Sebanyak 7089 siswa SD/MI di Kabupaten Landak mengikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) sejak Senin (11/5) sampai Rabu (13/5). Selanjutnya disambung Ujian Akhir Sekolah (UAS) dua hari, Kamis (14/5) sampai Jumat (15/5). Pelaksanaan UASBN di hari pertama kemarin dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia berjalan lancar dan siswa mengaku soal tak sulit.
“Soal hampir sama dengan Try Out. Jadi mata pelajaran Bahasa Indonesia dikatakan muda tidak dan sulit juga tidak, saya pikir saya banyak yang betul, kalau ujian besok itu pak yang sangat berat, matematika, muda-mudahan saja soalnya tidak sulit,” ujar Muhamad Kemal Fasha, salah SDN 16 Ngabang dimintai komentar Equator usai mengikuti ujian, kemarin.
Sementara Kepala SDN 16 Ngabang Ngatiman, mengatakan siswanya yang mengikuti UASBN sebanyak 125 peserta dan dirinya berharap kalau siswanya akan lulus100 persen. Sedangkan kelulusan tahun lalu Ngatiman sangat menyayangkan kalau siswanya ada yang tidak lulus, tahun ini ia berharap kelulusan lebih meningkat kalau bisa 100 persen. “Saya tidak kuatir akan kelulusan optimis kalau siswa bisa lulus seratus persen,” tegasnya.
Dia berani mengatakan hal demikian karena ia melihat hasil siswa selama ini, mulai dari Try Out yang dilaksanakan oleh Dinaspendidikan sampai Try Out dari sekolah hasilnya sangat memuaskan walaupun masih ada beberapa siswa yang gagal, terutama pada mata pelajaran Matematika. “Saya pikir tidak hanya saya saja yang kuatir pada mata pelajaran Matematika yang lain juga sama, karena saya melihat banyak siswa yang kurang dimata pelajaran ini,” katanya.
Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Landak Sapansius, S.IP melalui Pengawas TK/SD C.Theotimus mengatakan siswa SD serta MI yang mengikuti UASBN sebanyak 7089 siswa dari 375 SD dan MI yang ada di Kabupaten Landak. sedangkan sekolah penyelengara UASBN sebanyak 69 SD dari 13 Subrayon. Pelaksanaan UASBN dilaksanakan selama lima hari. Hari pertama yang di UASBN kan adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua Mata pelajaran Matematika, hari ketiga mata pelajaran IPA. “Ujian dihari pertama sampai ketiga adalah UASBN sedangkan hari ke empat dan ke lima itu UAS,” katanya saat meninjau pelaksanaan UASBN di SD Negeri 16 kemarin.
Lanjutnya, pada hari keempat yang akan di UAS kan adalah mata pelajaran PPKN dan Agama, dan hari terakhir mata pelajaran IPS dan Mulok. Sedangkan standar kelulusan yang harus di raih oleh siswa adalah 4,50. Ia juga berharap kelulusan siswa SD di Landak semakin meningkat dari tahun sebelumnya. “Untuk pelaksanaan UASBN saya pikir siswa sudah mengerti semua bagai mana cara mengerjakan soal karena sebelum UASBN dilaksanakan seluruh sekolah telah melakukan Pra Ujian,” ujarnya.(rie)
0 Response to '7.089 Siswa SD/MI Mengikuti UASBN'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo