*Wabup Tutup Diklat Prajabatan

Ngabang, Equator
Pegawai Negeri Sipil (PNS) memainkan peranan sebagai motor atau mesin penggerak roda pemerintahan negara. Oleh sebab itu, PNS harus memiliki sikap dan perilaku yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada negera serta bermoral, bermental baik, profesional dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam bekerja.
“PNS adalah unsur utama sumber daya aparatur yang mempunyai peranan sangat mementukan bagi keberhasilan penyelenggaraan pemeritahan dan pembangunan banga dan negara. Sikap dan semagt pengabdian yang berorientasi kepada kepentingan masyaraat, bangsa dan negara sangat dituntut terhadap PNS,” tegas Wakil Bupati Landak, Agustinus Sukiman SH, dalam pengarahannya di acara penutupan Diklat Prajabatan Golongan I dan II di BPLP Anjungan, Jumat (15/5).
Menurut Sukiman, prajabatn sebagai bagian dari proses pengadaan PNS adalah dalam rangka mempersiapkan para CPNS dapat ditingkatkan sebagai PNS. Maka dari itu, prajabatan merupakan kewajiban dari CPNS itu sendiri. Kegiatan prajabatan mempunyai makna yang strategis bagi CPNS. “Selain itu untuk membentuk ken arah terciptannya sosok PNS yang mempunyai kompetensi dasar bagi pelaksanaan sebagai pelayanan masyarakat,” papar Sukiman.
Sukiman mengatakan, dengan selesainya para CPNS mengikuti diklat, maka pemerintah daerah mempunyai harapan besar kepada mereka semua diantaranya, memperoleh penilaian yang baik sehingga lulus untuk dapat di angkat men jadi PNS. “Bisa menunjukan komitmen dan integritas morat serta tanggung jawab sebagai PNS,” tegas dia.
Selanjutnya, PNS bisa berusaha secara maksimal untuk mewujudkan disiplin dan etos kerja yang baik, mampu atau dapat memahami tugas dan fungsi serta wewenangnya masing-masing sesuai dengan profesi kedinasannya, mengembangkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan rasa kebersamaan dalam mengemban tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan bangsa dan negara. “ Dapat menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara serta mengutamakan pelaksanaan tugas pada pelayanan, pengayoman masyarakat tanpa memandang latar belakang, suku, agam, ras dan golongan,” tandas Sukiman. (rie/humas)
0 Response to 'PNS Mesin Penggerak Roda Pemerintah'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo