*Satlantas Gelar Ops Simpatik

Ngabang, Equator
Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Landak turun ke jalan melakukan rangkaian kegiatan Operasi Simpatik Kapuas tahun 2009. Kegiatannya dikemas sedikit unik yakni anggota Satlantas menggunakan pakaian adat etnis dayak dan melayu membagi-bagikan selebaran yang isinya himbauan tentang lalu lintas serta membagi nomor SMS untuk cek identitas atau masa pajak kendaraan via SMS. Kegiatan bagi selabaran digelar di depan SDN 01 Ngabang pasar Ngabang, pukul 09.00 pagi.
Pantauan Equator, terlihat tiga petugas yang berpakaian adat memberikan surat himbauan dan kartu nomor SMS. Pengendara sepeda motor juga sempat ada yang terkenjut dikira kegiatan tersebut adalah razia surat dan kelengkapan sepeda motor, sehingga ada yang gemetar ketika diberhentikan polisi. “Pak, ini ada himbauan dan nomor SMS untuk mengecek kendaraan sepeda motor,” ucap petugas kepada pengendara.
Kasat Lantas, AKP Luki Fardiansyah SH kepada wartawan mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka melaksanakan operasi simpatik kapuas 2009 yang dilaksanakan sejak 15 Mei sampai 3 Juni mendatang. Tujuannya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar bisa untuk tertib ber lalu lintas. “Oleh pengguna kendaraan roda dua dan empat atau lebih, untuk meminalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas dan setidaknya mengurangi kecelakaan lalu lintas,” kata Luki.
Waka Polres, Kompol Abas Basuni, SIK menegaskan, terkait menjelang Pemilu mengapa harus dilakukan operasi simpatik ini? Pada dasarnya dalam pemilihan ada berbagai tahapan seperti masa kampanye yang tentu melibatkan fasilitas umum jalan raya. Para simpatisan pada umumnya memobilisasi dengan kendaraan. “Nah, moment inilah para simpastisan agar mematuhi aturan lalu lintas. Jadi korelasinya sesi keamanan dan keselamatan dalam lalu lintas, bukan sesi politiknya,” tegas Basuni seraya menambahkan, kegiatan dengan pakaian adat ini, salah satu upaya untuk menarik simpati masyakaat ternyata polisi juga mengerti adat dan paham adat, dan harus bersenergis.
Sementara itu, diantara surat himbauan dalam rangka operasi simpatik kapuas 2009 yakni, pengendara sepada motor agar menggunakan helm standar pasa saat mengemudikan kendaraan bermotor roda baik yang menyetir dan yang dibonceng, lengkapi identitas diri seperti KTP, SIM dan STNK motor, dilarang menaikan penumpang diatas kap mobil karena bisa membahayakan penumpang apabila terjadi kecelakaan lalu lintas, selama mengemudi kendaraan bermotor dilarang menggunakan atau mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba dan minuman keras dam cek identitas atau masa pajak kendaraan bila melalui via SMS 7575 dengan cara, ketik (nopol) spasi (nomor kendaraan), contoh: nomol KB5170LE. (rie)
0 Response to 'Pakai Pakaian Adat Bagi Selebaran'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo