*RS Jiwa Siap Layani Jamkesmas

Ngabang, Equator
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak melalui Dinas Sosial berjanji akan membentuk tim untuk penangan orang gila (orgil) atau orang tak waras untuk diobati di Rumah Sakit (RS) Jiwa Provinsi Kalbar yang bertempat di Singkawang atau Bodok Kabupaten Sanggau. Pihak RS Jiwa sendiri siap melayani Jaminan Kesehetan Masyarakat (Jamkesmas). Di Landak sendiri sedikitnya 20 an orang sudah menjadi pasien di RS Jiwa Singkawang.
“Dalam waktu dekat kita bersama instansi lain seperti Dinas Kesehatan, Sat Pol PP akan membentuk tim penanganan orgil yang ada di Landak ini,” kata Plh. Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Landak, Alexsius Asnanda ditemui wartawan di kantornya, Selasa (12/5) kemarin.
Jadi, lanjut Alex, begitu ia disapa, untuk penanganan orang gila atau gelandangan lainnya tidak hanya tugas Dinas Sosial melainkan beberapa instansi terkait lainnya. Seperti Sat Pol PP yang bertugas melakukan penertiban kepada orgil yang biasa berkeliaran dijalanan, sedangkan Dinas Kesehatan menyediakan dana Jamkesmasnya. “Jadi, kami hanya membuat rekomendasi yang bersangkutan silahkan dirujuk di RS Jiwa,” katanya.
Terpisah, Amrullah seorang petugas yang membidangi Perawatan dari RS Jiwa Singkawang ketika melakukan tugas di Landak kepada wartawan mengatakan, selama ini pihak RS Jiwa siap melayani Jamkesmas untuk pasienya. Maka dari itu, pihaknya setiap bulan turun di kabupaten-kabupaten untuk membentu pihak keluarga si orgil tersebut agar mengurus Jamkesmas. “Yakni mereka mengusulkan dari pengantar dari Kepala desa kemudian rekomendasi dari Dinas Sosial,” kata Amrullah saat berada di kediaman Kepala Desa Amboyo Inti, Cendra Sunardi, pagi kemarin.
Ia juga menyinggung bagi gelandangan atau orgil yang banyak berkeliaran di jalanan selama ini, juga bisa direkomendasikan untuk dirawat di RS Jiwa dengan pelayanan Jamkesmas. Untuk itu, mereka bisa diajukan oleh masing-masing instansi terkait yang di Pemkab setempat. “Jadi, intinya kita siap melayani Jamkesmas bagi pasien yang masuk,” ujarnya.
Sementara itu, ditegaskan Cendra Sunardi salah satu Caleg DPRD Landak terpilih, ia meminta kepada pemerintah kabupaten Landak untuk memperhatikan para orgil yang banyak berkeliaran di Kota Ngabang ini. Apalagi, dari pihak RS Jiwa Singkawang sendiri sudah mengaku siap melayani pasien Jamkesmas. “Selain itu, dari pihak keluarga orgil yang ada agar ikut membantu pemerintah untuk memperhatikan si orgil agar bisa direkomendasikan di RS Jiwa untuk dirawat,” kata dia.
Acen, begitu ia disapa, khusus di Desa Amboyo Inti sendiri juga memang sudah ada tiga orang yang dirawat di RS Jiwa Singkawang. Sehingga diharapkan dengan adanya pelayanan Jamkesmas ini, pihak keluarga bisa merasa terbantu. “Jadi kita harapkan Pemkab Landak agar menganggarkan untuk Jamkesmas para gelandangan ini,” tegas Acen. (rie)
0 Response to 'Pemkab Bentuk Tim Penanganan Orgil'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo