Ngabang, Equator
Siswa kelas III SMP Negeri I Ngabang, Rabu (27/5) menggelar demontrasi cara merakit komputer di Laboratorium Komputer. Tidak tanggung-tanggung komputer yang dirakit berjumlah 26 unit. Kegiatan tersebut juga dihadiri Dinas Pendidikan Kabupaten Landak yang di Wakili oleh Kabid Dikmen. Tidak ketinggalan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Ngabang Valentinus, A.Md, beserta dewan guru juga menyaksikan siswa-siswinya dengan mahir merakit komputer.
Kepala Dinas Pendidikan Landak Aspansius, S.IP yang di Wakili Kabid Dikmen Saul Ngange, S. Pd mengatakan, pentingnya siswa akan pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar siswa dapat mengetahui informasi yang ada diluar serta dapat menambah pengetahuan di bidang TIK yang saat ini telah menjadi sarana dan kebutuhan yang amat penting. “Kepada anak-anak agar dapat mempelajari TIK dengan serius dan baik agar anak-anak dapat mengenal dunia luar serta komputer secara sempurna,” ungkapnya kepada siswa yang mengikuti perakitan komputer tersebut.
Ia mengharapkan kepada yayasan Taruna Manggala Indonesi yang telah mengajarkan anak-anak di SMP Negeri 1 Ngabang juga dapat mengajar keseluruh sekolah yang ada di Kabupaten Landak agar siswa sejak duduk di bangku SD sudah mengerti akan komputer.
Pimpinan Yayasan Taruna Manggala Indonesia Wilayah III Kalbar Junius Bram Buntaran, ST, SH, MH mengatakan, yayasan yang dipimpinya itu berpusat di Surabaya dan Balai Litbangnya berpusat di Malang. Tujuan yayasan tersebut datang ke Kalbar guna mengajarkan anak-anak bangsa Indonesia paham akan TIK serta manfaatnya tidak hanya itu siswa juga mengerti dan ahli dalam merakit komputer. “Atas Informasi dari Dirjen mengatakan di Kalbar masih banyak yang kurang memahami TIK, untuk itu kami ditugaskan untuk membimbing siswa dari SD hingga SMA,” paparnya Bram yang didampingi rekanya Riset Deplopment (RND) Ir, Asis Tegu kepada Equator saat ditemui diruang Laboraturiom SMP Negeri 1 Ngabang, kemarin.
Lanjutnya, untuk saat ini yayasan tersebut baru mengajar di tingkat SMP dan untuk tahun berikutnya yayasan Taruna Manggala Indonesi akan mengajar ditingkat SD hingga SMA.
Instruktur TIK dari yayasan Taruna Manggala Indonesia, Yoga Dwi Pranoto menambahkan segai Instruktur TIK yang bertugas di SMP 1 Ngabang belum sampai 1 tahun, ia mulai mengenalkan komputer kepada siswa kelas sembilan, yang mana siswa tersebut sama sekali tidak mengenal komputer. “Anak ini sebelumnya tidak tau sama sekali tentang komputer, kurang lebih satu tahun inilah hasilnya, sekarang mereka sudah pandai merakit komputer sendiri, kalau sudah seperti ini mereka tidak bisa diakalkan karena mereka sudah mengerti tentang alat-alat komputer,” katanya. (rie)
0 Response to 'Siswa SMPN 1 Ngabang Rakit Komputer'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo