*Upacara Sumpah Pemuda Khitmad

NGABANG. Upacara hari Sumpah Pemuda ke 81 yang dipanitia jajaran Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Landak di halaman kantor bupati Landak, Rabu (28/10) pagi kemarin berlangsung khitmad. Bertindak inspektur upacara Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot Msi dan komandan upacara Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Landak Wibersono Lazarus Djait. Pada kesempatan itu Bupati membacakan kata sambutan dari Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Andi A Malarangeng. Hadir dalam upacara itu sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemkab Landak, jajaran Muspida Landak, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan undangan.
”Pemuda tentunya mempunyai bakat dan potensi yang luar biasa. Bakat dan potensi dari para pemuda inipun bermacam-macam dari berbagai bidang,” ungkap Bupati Adrianus kepada wartawan usai upacara, kemarin.
Menurut dia, para pemuda inipun mempunyai masa depan yang masih panjang. Maka, dengan adanya potensi dan bakat dari para pemuda ini, apa yang harus dilakukan para pemuda. ”Setelah para pemuda mengenali potensinya, pemuda mengembangi bakat, kemampuan dan talentanya seoptimal mungkin,” kata Adrianus.
Ia meminta agar pemuda tidak bergantung pada orang lain. Apalagi sampai bergantung pada uluran tangan pemerintah atau siapun juga. ”Pemuda harus memiliki jiwa kewirausahaan. Itu yang harus dimiliki oleh para pemuda kita sekarang. Jadi tidak menunggu kapan pembukaan PNS dan sebagainya. Jadi pemuda harus kreatif,” tegas dia.
Karena, para pemuda ini nantinya akan berhadapan dengan berbagai tantangan. Oleh karena itu para pemuda harus memiliki daya saing. ”Kalau tergantung terus, bagaimana para pemuda mau mempunyai daya saing. Jadi daya saing, kemampuan dan kekuatan harus diciptakan oleh para pemuda itu sendiri,” tegas Adrianus yang juga ketua MPC Pemuda Pancasila Landak ini.
*Hanya Satu OKP Ikut Upacara
Ketua KNPI Landak Heriadi SE mengaku kecewa terhadap para jajaran
Organisasi Kepemudaan (OKP) tidak mengikuti upacara hari sumpah pemuda tersebut. Hanya satu OKP saja yang hadir sebagai peserta upacara yakni Pemuda Pancasila (PP). Padahal panitia penyelenggara dari KNPI Landak sudah mengirimi undangan kepada OKP yang ada di Landak. ”Saya merasa bersyukur karena segala kegiatan KNPI dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ini berlangsung sukses. Tapi saya kecewa karena pada upacara peringatan hari Sumpah Pemuda hanya satu OKP saja yang menghadiri upacara. Padahal kami sudah mengirimi undangan kepada semua OKP yang ada di Landak,” ungkap Heriadi yang didampingi Sekretaris KNPI Cahyatanus SH.
Heriadi meminta kepada OKP yang hanya tinggal nama saja supaya pengurusnya bisa dirombak kembali. Dengan dirombaknya OKP tersebut diharapkan kehadirannya di Landak bisa eksis. ”Kita harapkan demikian. Apalagi pengurus DPD KNPI Landak sekarang ini merupakan wajah baru. Sebagai organisasi yang membawahi OKP, kami akan melakukan pendataan terhadap OKP yang ada di Landak,” ujar dia.(rie)
0 Response to 'Pemuda Harus Mempunyai Bakat'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo