NGABANG. Sebanyak 49 calon jemaah haji (calhaj) asal Landak mengikuti manasik haji yang digelar Departeman Agama (Depag) bekerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak selama empat hari, dari 5 sampai 8 Oktober di Masjid Baitur Rahman Pulau Bendu Ngabang. Acara manasik langsung dibuka Bupati Landak diwakili Asisten I Setda Landak Drs Yohenas Meter di aula kantor Depag Landak, kemarin. “Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Landak mengucapkan selamat mengikuti manasik haji semoga calhaj menjadi haji yang mabrur,” ucap Yohanes dalam sambutannya.
Kepala Depag Landak H Mudjazie Bermawie mengatakan, manasik sangat penting, karena seluruh harus mengetahui ilmu pengetahuan tentang perhajian. Karena jangan sampai ketika melaksanakan rukun Islam kelima ini, banyak tidak paham. “Nanti yang wajib dianggap rukun atau sunah, dan sebaliknya. Kalau yang rukun tidak dilaksanakan maka ibadah haji secara hakiki tidak sah,” tegas Mudjazie.
Sementara laporan dari panitia, H Syamsul Bahri SAg MSi, kuota calhaj yang diberikan pemerintah pusat berjumlah 49 orang terdiri laki-laki 29 orang dan perempuan 20 orang. Sedangkan pemeteri dari Kepala Depag Landak H Mudjazie Bermawie, H. Ahmad Radaih dan dari Dinas Kesehatan Landak. “Lokasi teori manasik di masjid Baitur Rahman Pulau Bentu dan praktek seperti keliling ka’bah di pondok pesantren Nurul Islam Ngabang,” jelas Syamsul yang menjabat Kasi Urais dan Penyelengara Haji Depag Landak ini.
Ia menambahkan, calhaj Landak masuk dalam kelompok terbang (kloter) 21 yang terdiri dari Kabupaten Ketapang, Kayong Utara dan sebagian Kota Pontianak dan Landak. calhaj Landak akan berangkat dan dilepas oleh Bupati pada 11 November mendatang, menginap satu malam di Asrama Haji Pontianak, kemudian 12 November pagi terbang di Embarkasi Batam. “Kemudian tanggal 13 November terbang lagi di Arab Saudi. Sedangkan pulang di Indonesia 24 Desember sampai di Batam dan tangal 25 nya langsung Pontianak dan di kabupaten masing-masing,” terang Syamsul.(rie)
0 Response to '49 Calhaj Ikuti Manasik Haji'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo