on 05.11



NGABANG. Gubernur Kalbar Drs Cornelis MH meresmikan enam kantor Credit Union (CU) Lantang Tipo, Tempat Pelayanan (TP) Masdapala Ngabang, Teraju, Tayan, Noyan, Beduwai dan Nanga Taman. Acara yang dipusatkan di Ngabang itu juga lounching mesin Anjungan Tunas Mandiri (ATM) CU Lantang Tipo, Sabtu (17/10).
“Saya berharap dengan diresmikan TP Lantang Tipo ini akan lebih memotivasi dan memaju kita untuk berbuat yang lebih banyak dalam rangka membangun ekonomi rakyat dan meningkatkan kemampuan koperasi,”kata Cornelis.
Menurutnya, ini semua dalam rangka menghadapi tantangan di usaha yang semakin komplek di masa yang akan datang. Untuk itu ia menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga CU Lantang Tipo dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
“Untuk menumbuhkembangkan dan memberikan perhatian yang besar terhadap kopresi maka seyogyanya kita terlebih dahulu memahami posisi dan kondisi dari pada koperasi itu sendiri,” urai mantan Bupati Landak ini.
Menurut dia, dalam tatanan UUD 1845 pasal 33 ayat (1) menyatakan perekomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan azas kekeuarganna, didalam penjelasannya ditegaskan bahwa bangun perusaahn yang paling cocok untuk itu adalah koperasi. “Untuk itu menjadi kewajiban kita bersama untuk menubuhkan kembangkan agar menjadi badan usaha yang maju yang sehat, tangguh dan mandiri dan keberadaan dirasakan masyarakat,”ungkapnya.
Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot MSi mengatakan, kehadiran lembaga keuangan baik perbankan dan CU dalam upaya pengembangan ekonomi kerakyatan di daerah ini sangat penting dan strategis, tahun ini seluruh rakyat Landak patut bersyukur karena kondisi perekonomian sudah menunjukan membaik. “Salah satu indikator membaiknya perekomian di daerah ini adalah dengan hadirnya beberapa lembaga keuangan setelah Bank Kalbar meningkatkan statusnya menjadi kantor cabang, hadir pula BRI, hadir CU Pancur Kasih, CU Lantang Tipo dan CU lainnya. Ini menggairahkan perekonomian di daerah ini,” ungkapnya.
Kepala CU Lantang Tipo, Marcellus Sunardi,SPd mengatakan, berkat kepercayaan masyarakat dan anggota dan dukungan dari pemerintah serta semua pihak, saat ini CU Lantang Tipo merupakan CU terbesar di Indonesia baik dari sisi aset maupun sisi keanggotaan, per 30 september 2009 memiliki anggota 88.069 orang dan asset Rp.714 miliar lebih. “Yang lebih membanggakan aset ini murni swadaya danm kemandirian masyarakat,” ujarnya.
Sedangkan jumlah dana pembangunan enam kantor TP ini berupa fisik dan moubeler Rp.9,8 miliar yang terdiri, TP Noyan Rp.8,3 juta TP Nanga Taman Rp.1,3 miliar, TP Beduwai Rp.1,5 miliar, TP Teraju Rp.1,6 miliar, TP Tayan Rp.1,8 miliar dan TP Masdapala Ngabang Rp.2,6 miliar. Sementara dalam acara peresmian itu Gubernur Cornelis didampingi istri Ny.Frederika, Bupati Landak Adrianus As dan istri Ny.Maria Bernadetha, Wakil Bupati Agustinus Sukiman SH dan istri Ny. Emiliana Miciu, Sekda Drs Ludis MSi dan istri Ny. Dra Yovita dan para kepala dinas/instansi, pengurus dan anggota CU Lantang Tipo dari 35 TP di tujuh kabupaten dan satu Kota Pontianak serta undangan lainnya. (rie)
0 Response to ' '
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo