MERANTI. Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot MSi dan rombongan melakukan kunjungan kerja dan meninjau areal Hutan Tanaman Indutri PT. Nityasa Idola (NI) di Kecamatan Meranti dan Kuala Behe, Selasa (13/10). Selain itu, Bupati didampingi Direktur PT. Nityasa Idola Moch Koeswono, Plt.Kadis Bunhut Vinsensius S.Sos,MMA juga melakukan penanaman bibit sengon di Dusun Sage Kecamatan Meranti.
Bupati Landak Adrianus mengatakan, ia sebagai pimpinan daerah ini, tentu saja mendukung dan menyambut baik adanya kegiatan investasi tersebut. Oleh sebab itu, kepada seluruh masyarakat dan aparatur pemerintah setempat. “Saya juga minta dukungan penuh, karena kegiatan ini juga banyak manfaatnya,” kata Adrianus.
Menurutnya, PT. NI Perusahaan ini juga sudah membangun jalan 75 Km bahkan sampai daerah-daerah yang terisolir, seperti daerah Sage dan kemungkinan nanti daerah yang lain, sehingga bebas dari kesulitan transfortasi. “Karena tranfortasi ini adalah syarat bagi daerah untuk bisa maju, saya sering mengatakan secara terus terang, kemampuan pemerintah daerah khusus pemerintah Kabupaten Landak untuk membangun jalan, jembatan dan lainnya sangat terbatas,” ungkapnya.
Direktur PT. Nityasa Idola, Moch Koeswono mengatakan, PT. Nityasa Idola masuk di Kabupaten Landak sejak tahun 2006 untuk membangun hutan tanaman, mengingat bahwa secara administrasi pemerintahan, sebagian besar wilayah kerja hutan tanaman PT. NI fokus pengembangan hutan tanaman adalah di Landak. “Dalam tiga tahun terakhir ini, konsentrasi pembangunan hutan terletak di Kecamatan Kuala Behe, Kecamatan Meranti, yang diawali dengan pembangunan pembibitan di empat lokasi yaitu, Ampar, Sehe Lusur, Sehe Embuluh dan Manggambati Kecamatan Kuala Behe,” ungkapnya.
Sedangkan, untuk pengembangan selanjutnya, pembibitan juga di bangun di Kecamatan Meranti, pembibitan yang kami bangun di rancang untuk mampu memasuk kebutuhan rata-rata bibit hingga 600 ribu batang perbulan atau 7,2 juta batang bibit pertahun untuk mendukung target penanaman 4000 hektar pertahun. “Kita menyadari perkembangan jaman dan dilandasi oleh falsafah pendiri perusahaan untuk sejahtera bersama bangsa, penjalanan bisni PT. Nityasa Idola tidak bisa dipisahkan dari perkembangan sosial kemasyarakatan,” urai Koeswono.
Untuk itulah, PT. NI membangun kemitraan dengan masyarakat tempatan. Pada dasarnya ada dua pola kemitraan yang coba di bangun, yaitu mitra usaha dan mitra investasi. “Selama tiga tahun terakhir ini, selain tanaman sengon, kami juga membangun jalan dan jembatan di beberapa Dusun yang selama ini belum saling terhubungkan,” katanya. (rie)
0 Response to 'Bupati Tinjau Areal HTI Milik PT. Nityasa Idola'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo