NGABANG. Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Pergerakan Indonesia (PI) Provinsi Kalbar mengusulkan tokoh-tokoh Kalimantan Barat yang layak untuk mengisi posisi kandidat Menteri Pembangunan Perbatasan dan Kawasan Daerah Tertinggal adalah DR Drs Adrianus Asia Sidot Msi, Bupati Landak dan DR. Oesman Sapta, Ketua Umum DPP Partai Persatuan Daerah. “Adrianus adalah tokoh bangsa dari Kalimantan Barat yang nasional, intelektual dan memiliki kapabilitas dan kapasitas untuk memimpin kementrian. Kemudian Oesman Sapta adalah tokoh bangsa dari Kalimantan Barat yang nasional, intelektual dan memiliki kapasitas,” ungkap Ketua Umum PI Kalbar Surianata, S.Pd didampingi Sekretaris Umum Yohanes Supriadi S.Pd dalam siaran pers yang dikirim kepada Biro Equator Landak.
Kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia memanjang 2.004 Km, melalui
Propinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat. Beragam persoalan dialami masyarakat Indonesia diperbatasan karenakekurangan akses transportasi, mobilitasi ekonomi, pendidikan, kesehatan, infrastuktur. Keterbatasan yang tidak terkelola ini kemudian memunculkan beragam persoalan, yakni perdagangan orang (trafficking), penyelundupan barang, penyebaran HIV/AISD, perdagangan narkoba, pergeseran patok batas, dll yang semuanya mengancam keutuhan NKRI. “Sejak Indonesia merdeka, penanganan persoalan dikawasan perbatasan ini tak pernah tuntas, karena tidak ada leading sektor di Kabinet yang focus mengelola kawasan ini. Oleh karena itu, kedepan, kabinet pemerintahan SBY-Boediono memerlukan kader-kader pemimpin bangsa yang mau dan mampu menangani kawasan ini secara integral, komprehensif dan sistemik melalui Kementrian Khusus di struktur kabinet,” urainya.
Karena itu, dari DPP PI Kalbar, setelah mendengar aspirasi politik seluruh DPD PI se-Kalbar, mengusulkan, kepada Presiden RI untuk membentuk pos Kementrian Khusus Pembangunan Perbatasan di Kabinet Indonesia Bersatu II (2009-2014), yang mampu mengakomodir kepentingan regional, secara profesional.
“Mengenai pos di Kementrian ini, kami mengusulkan Bapak Presiden RI terpilih untuk mengangkat tokoh-tokoh Kalbar sebagai leader di kementrian ini. Adapun tokoh-tokoh Kalbar yang layak untuk mengisi posisi Menteri tersebut, adalah DR. Adrianus Asia Sidot, M.Si, Bupati Kabupaten Landak. Oesman Sapta, Ketua Umum DPP Partai Persatuan Daerah,” ungkapnya.(rie)
0 Response to 'Bupati Adrianus Diusulkan Jadi Menteri Perbatasan'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo