*Bupati Tabuh Gendang Pembukaan

NGABANG. Festival Budaya Binua Landak (FBBL) ke-4 tahun 2009 resmi dibuka oleh Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot MSi dengan ditandai penabuhan gendang sebagai dimulainya pembukaan event yang juga dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalbar Drs Kamaruzzaman MM, Sabtu (10/10) di lapangan Bandan Ngabang. Event ini bukan saja masuk dalam kalender Kabupaten Landak tapi sudah masuk kalender wisata Provinsi Kalbar.
“FBBL sudah masuk kalender bukan saja Kabupaten Landak tapi sudah kita masukan kalender provinsi. Mudah-mudahan tahun 2010 atau 2011 akan kita masukan event nasional, sehingga pendanaan bisa masuk ke dalam APBN ini yang kita harapkan,”ungkap Kamaruzzaman saat memberikan sambutannya.
Menurutnya, kegiatan serupa FBBL di tingkat provinsi disebut Festival Budaya Bumi Khatulistiwa (FBBK) dengan skala lebih besar diikuti kabupaten/kota se Kalbar. Rencana akan digelar 11-15 November mendatang. “Event ini dipastikan akan dihadiri oleh utusan dari provinsi se Kalimantan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Riau dan Serawak,”ungkapnya.
Bupati Adrianus mengatakan, semoga FBBL kali ini bisa muncul lebih berkualitas dan hasilnya berkualitas. Karena pada Juni yang lalu kontingen dari Menjalin diwakil Sanggar Isim kita bawa ke Taman Mini Indonesia Indah mengsisi acara disana. “Kebetulan ada beberapa duta dari berbagai neraga seperti Jerman, Inggeris, Kanada, Australia, Jepang Korea dan Afrika Selatan yang ikut menghadiri. Kita bisa memperkenalkan budaya Landak ke Manca Negara walaupun baru Taman Mini,” ungkap Adrianus.
Adrianus kedepan berharap, selain event FBBK di tingkat provinsi, juga bisa sampai tingkat nasional dan bila perlu internasional. Karena jika dilihat ada beberapa event di negara tetangga seperti Gawai Dayak di Serawak dan pemilihan Putri Gawai di Cibalu. “Walaupun skop negara di Sabah, ini sampai ketingkat internasional, bukan kita meniru atau menjiplak event seperti ini, tapi memang menarik atau menyedot wisatawan yang cukup banyak,” ungkap Adrianus.
Sementara itu laporan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Landak Drs Lukas Kanoh MM, kegiatan FBBL yang berlangsung dari 9-12 Oktober tersebut dihadiri 10 kecamatan dari 13 kecamatan yang ada di Landak ini. “Untuk Kecamatan Sengah Temila dan Mandor tidak bisa ikut berpartisipasi,” katanya.
Sedangkan jenis kegiatan diantaranya, lomba solo lagu daerah putra-putri dayak dan melayu, loma tari kreasi daerah dayak dan melayu, pemilihan bujagk tarigas man dara edo’ dayak dan melayu. Lomba menyumpit dan uri gasingk dan dimeriahkan juga pameran pembangunan dari unsur kecamatan, instansi kabupaten baik pemerintah dan swasta.
“”Dewan juri berasal dari provinsi Kalbar yang yang terdiri dari berbagai unsur atau disiplin keahlian yaitu akademisi, Disbudpar, taman budaya, pelaku seni dan budaya serta dari PT. Mustika Ratu Pontianak,” tandas Lukas. (rie)
0 Response to 'FBBL Siap Masuk Kalender Nasional'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo