*Paiman: Merubah Prilaku Petani

NGABANG. Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Landak berjumlah 166 orang dengan rincian PNS 97 orang, CPNS 12 orang dan THL-TBPP (honor pusat) 57 orang. Mereka sudah menyebar di beberapa desa di Kabupaten Landak. “Tugas penyuluh itukan melaksanakan perubahan prilaku, pembinaan masyarakat untuk menuju perubahan,” ungkap Pj. Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPP dan KP) Landak, Paiman SIP ditemui di kantornya, belum lama ini.
Menurut dia, masyarakat yang perlu dibina adalah bagi yang belum dikatakan maju. Tapi, jika lihat kemajuan masyarakat Landak sudah tampak. Karena BPP dan KP ini sebuah SOPD yang baru dibentuk, jadi sebelumnya memang sudah dibina oleh dinas pertanian. “Sejak pembangunan BPP ini sudah ada dan memang perubahan – perubahan ini sudah kita lihat. Contoh ada perubahan, masyarakat sudah mulai pembuatan sawah membuat saluran air walaupun sederhana. Kemudian mereka sudah mulai mengerjakan pembuat pematang sawah, sudah mulai mengolah tanah, kemudian mereka sudah mulai menggunakan bibit unggul, mereka sudah mulai menggunakan pupuk dan obat – obatan,” urai Paiman.
Inilah perilaku yang dinginkan ada ada perubahan. Perubahan cara bertani masyarakat karena dengan adanya kegiatan – kegiatan penyuluhan pertanian, dengan adanya pelaksanaaan penyuluhan kelompok – kelompok tani. Nah, di kelompok masyarakat itu sudah ada perubahan. “Ini tugas kita sebagai penyuluh, melaksanakan perubahan perilaku, nah itu sebagai tugas penyuluh,” tegas Paiman.
Ia mengatakan, mamang dalam merubah pola pikir masyarakat dalam bertani cukup memerlukan proses waktu yang panjang. Karena ini merupakan pendidikan diluar sekolah, mendidik orang – orang yang tidak sekolah sampai yang sekolah. “Karena dikelompok masyarakat apalagi di pedalaman.
Karena dipedalaman inikan tingkat pengatahuan, informasi masih membutuhkan proses bertahap mengadakan pelaksanaan pembinaan. Jadi tidak semudah membalikan telapak tangan ya kata orang, karena menguah perilaku ini,” ungkap Paiman. (rie)
0 Response to 'Jumlah PPL Landak 166 Orang'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo