*Air Terjun Layak Dibangun PLTA

NGABANG. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak terus mempromisikan sumber potensi alam kepada para investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Salah satunya potensi air terjun Pade Kembayung di Kecamatan Air Besar yang layak dijadikan Pembangkit Listrik tenaga Air (PLTA).
”Pemkab Landak bersama investor yang ingin membuka PLTA sudah mengadakan studi kelayakan. Rencana pembangunan PLTA akan kita koordinasikan terlebih dahulu dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalbar, setelah itu akan kita ajukan ke Pusat,” kata Kepala Bappeda Landak Alpius, S.Sos kepada wartawan di kantornya, belum lama ini.
Alpius mengungkapkan, rencana pembangunan PLTA di Pade Kembayung sudah dipersiapkan, termasuk mengadakan studi kelayakan dan saat ini hanya tinggal melihat apakah gambaran studi kelayakan itu sesuai dengan investasi. Paling tidak minimal rencana pembangunan semacam sekilas terhadap gambaran umum dari kondisi Pade Kembayung.
”Air terjun Pade Kembayung memiliki debit air yang kuat, sehingga layak untuk dibangun PLTA,” ujar mantan Kadis Perindagkop Landak ini.
Menurutnya, pada tahun 2001 lalu, air terjun Pade Kembayung ini membutuhkan dana investasi sebesar kurang lebih 400 ribu US$. Pada waktu itu ada juga investor dari Singapura yang melirik air terjun ini. ”Tapi kita minta supaya investor itu datang ke lokasi air terjun untuk melihat sepintas, kemudian baru akan kita berikan profil air terjun Pade Kembayung ini,” tandasnya (rie).
0 Response to 'Pemkab Promosikan Pade Kembayung'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo