*Diduga Bocor, Cukong Kabur Terus

MANDOR. Lagi, tim operasi penertiban Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) dari Polres Landak turun di Kecamatan Mandor, Selasa (2/6). Operasi kali ini di Dusun Lian Sipi Desa Mandor langsung dipimpin Kapolres AKBP Drs Tony Ep Sinambela MSi dan didampingi Kasat Reskrim AKP Hujra Soumena SIK. Tapi sayang, diduga bocor karena ketika polisi sampai di lokasi cukong dan pekerja PETI sudah kabur duluan dan hanya lima orang berhasil diamankan.
Tony mengatakan saat operasi ada dua lokasi yang menjadi sasaran pertama berhasil mengamankan dua set mesin dompeng yang satu set anak buah sedang bekerja tapi yang satu setnya anak buahnya sudah kabur. “Kita mengamankan lima orang anak buahnya yaitu Sr, St, Jm, Tn dan Tt, bersama barang bukti mesin dompeng yang masih terpasang kita amankan untuk di bawa di Mapolres Landak. Sedangkan bos pemilik mesin bernama Tawang tidak ada di rumah,” kata Tony.
Selanjutnya, lokasi kedua hampir dua kilometer dari jarak pertama berhasil ditemukan delapan set mesin dompeng yang masih terpasang di dalam lobang tapi pekerjanya sudah tidak ada di lokasi. “Walaupun pekerjanya tidak ada di lokasi kita tetap mengamankan mesin yang masih terpasang, kita tidak mau kalau kita pulang mereka bekerja kembali,” kata Tony.
Dia berharap agar masyarakat sementara berhenti tidak melakukan PETI, kendati ada peraturan penambangan nanti akan diatur oleh pemerintah setempat, yaitu pemerintah Kabupaten Landak agar dapat mengeluarkan surat izin membuat peraturan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR). “Tujuannya agar masyarakat bekerja secara legal untuk pertambangan ini,” kata Tony.
Penertiban PETI sejak 20 Mei ampai saat ini, Polres berhasil mengamankan sebanyak 13 tersangka bersama barang bukti 27 unit mesin penambang. Namun sangat disayangkan setiap penangkapan PETI pemodal atau bos yang mendanakan pertambangan tersebut tidak berhasil diringkus, karena melarikan diri sedangkan yang ditangkap pekerja saja. (rie)
0 Response to 'Polres Operasi PETI di Lian Sipi'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo