WARGA Ngabang jangan lagi meragukan sumber air baku yang digunakan PDAM Landak. Karena sudah dilakukan uji labolaturium air layak dikonsumsi. Adapun sumber air yang akan diambil adalah dari Sungai Maung Desa Mungguk Kecamatan Ngabang yang jauh dari limbah PETI.
“Hasil lab sebelum diolah, data dari provinsi dan konsultan tahun 2006 lalu air sudah layak, hanya PH yang rendah dan harus dinaikan dengan membubuhkan bahan kimia tertentu,” kata Kabid SDA Dinas Pekerjaan Umum Kalbar, Bride Suryanus Alorante kepada awak koran ini di Ngabang, kemarin.
Menurut Bride, untuk sekarang ini pihak konsultan juga sudah membandingkan sudah ada perubahan air. Artinya kalau tahun 2006 lalu masih berwarna kemerahan sekarang sudah berkurang. “Mungkin dulu merah karena dampak akar kayu, sekarang sudah berkurang sehingga air juga mulai jernih,” kata Bride.
Kemudian di Sungai Maung juga jauh dari limbah PETI yang selama ini banyak dikeluhkan warga Landak. Sehingga sungai Maung ini bisa dikatakan salah satu sumber air yang layak untuk dikelolaah di PDAM sebagai sarana air minum. “Saat ini air yang sudah mengalir di sebagian rumah warga Ngabang diambil dari sungai Merasak yang juga sangah bersih tapi hanya cukup untuk kawasan Desa Raja, bahkan mendistribusiannya dengan sistem gratifitasi dari dareah tinggi,” kata Bride.
Sedangkan untuk kawasan pasar Ngabang saat ini air yang mengalir dimbil dari Sungai Landak, dengan cara ditarik dan dikelola oleh PDAM. “Jadi, untuk ke depan jika sumber dari Sungai Maung sudah beroperasi, berarti yang dari sungai Landak tak lagi digunakan, sementara dari sungai Merasak agar digunakan terus, selain kondisi air yang sangat layak. Juga tidak banyak memerlukan operasional karena dengan sistem gratifitasi saja,” tandas Bride. (rie)
0 Response to 'Air PDAM Layak Konsumsi'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo