*Polres Latihan Bersama

NGABANG. Halaman Mapolres Landak mendadak tegang, Sabtu (6/6) pagi terjadi perkelahian hebat, polisi langsung melakukan pengamanan. Pelaku berusaha melakukan perlawanan sehingga polisi terpaksa mengeluarkan senjata api untuk melumpuhkan pelaku dan berhasil di ringkus kemudian digiring di Mapolres.
Demikian salah satu latihan penggunaan kekuatan bagi anggota Polri dalam rangka menjalankan Peraturan Kapolri (Perkap) No. 1 tahun 2009 yang langsung di pimpin Waka Polres Kompol Abas Basuni SIK dengan melibatkan 10 Polsek se Kabupaten Landak.
“Perkap No. 1 tahun 2009 mengenai penggunakan kekuatan bagi tindakan kepolisian, tujuan untuk melindungi korban kejahatan, masyarakat sekitar lokasi kejadian perkara (TKP) dan terhadap anggota polisi sendiri,” terang Kapolres AKBP Drs Tony Ep Sinambela MSi kepada wartawan di kantornya, Sabtu (7/6).
Perkap ini sebagai perlindungan Polri dalam melakukan tugas operasional dengan menggunakan kekuatan yang ada pada polisi, misalnya saat menangkap penjahat tiba-tiba terjadi perlawanan dengan menggunakan senjata, berarti polisi juga bisa menggunakan senjata yang setara juga. Jika penjahat menggunakan melakukan penembakan, polisi juga bisa melakukan penembakan dan salah satu tindakan ini dilindungi Perkab No 1 tersebut. “Sebenarnya di KUHP juga ada perlindungan. Tapi ditegaskan lagi dengan Perkap, dengan tujuan untuk memberikan perlindugan kepada korban kejahatan, masyarakat di TKP dan anggota polisi sendiri yang melakukan penagkapan kejahatan,” Tony.
Ia menambahkan, Perkap No 1 tahun 2009 ini merupakan kekuatan hukum dalam langkah-langkah jika ada penjahat yang melakukan perlawanan terhadap polisi. Artinya, jika penjahat saat akan dilumpuhkan berduel atau lainnya, polisi juga harus siap melakukan tindakan sama dan segera melumpuhkan. “Nah ini salah satu kekuatan hukum kita dalam melakukan tugas operasional menangkap penjahat,” tandas Tony. (rie)
0 Response to 'Polisi Duel dengan Penjahat di Halaman Polres'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo