*Wabup Buka POPDA Landak

NGABANG. Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Landak tahun 2009 resmi dibuka oleh Wakil Bupati Agustinus Sukiman SH, di lapangan Bardan Ngabang, Selasa (23/6). Diikuti 11 kecamatan yang berjumlah 287 peserta terdiri putra 171 orang dan putri 116 orang. Hasil pemenang POPDA ini akan mewakili Kabupaten Landak untuk tingkat Provinsi Kalbar.
Wakil Bupati Agustinus Sukiman dalam pengarahannya, berbagai event kejuaraan olahraga tingkat pelajar daerah digelar dengan berbagai persyaratan yang mengacu pada event keolahragaan pelajar pada tingkat yang lebih tinggi. “Kesinambungan penyelenggaraan menjadi sangat penting untuk memetik prestasi atlet dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional,” ungkap Sukiman.
Pelaksanaan POPDA tersebut merupakan salah satu implementasi dari undang-undang nomor 3 tahun 2005 sebagaimana tertulis pada pasal 1 ayat 13 bahwa olahraga prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahraga secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan.
“Selama mengikuti kegiatan POPDA ini, raihlah prestasi setinggi mungkin, tapi ingat saya pesankan kepada para peserta anak-anakku sekalian agar dapat menciptakan kondisi kompetitif secara sehat, latih sifat sportivitas dan tanggung jawab, kembangkan bakat dan minat dalam bidang olahraga,” kata Sukiman.
Sementara, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Landak, Drs Lukas KanoH MM dalam laporannya, POPDA Landak diselenggarakan dalam ragka melakukan evaluasi terhadap pembinaan yang dilukukan secara berjenjang. Semua tingkatan khususnya evaluasi pembinaan pelajar mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. “Selain itu melakukan evaluasi pembinaan yang dibina KONI dan Pengcab yang ada di Landak ini,” ujar Lukas.
Menurut dia, evalsusi ini sejalan dengan prinsip olahraga prestasi, menekankan para atlet maksimal yang tidak hanya masalah kecepatan ilmu pengetahuan atau masalah hiburan bahkan yang dikembangkan olaharaga tradisional. “Tapi menekankan maksimal yang dikelola ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan, seperti harus diperhatikan teknis olahraga yang baik bagaimana dan persiapan mental juga,” ujar Lukas.
Lukas mengungkapkan, POPDA ini sebagai wahana memberian motivasi kepada seluruh atlit, tak kala mereka sudah melakukan pembinaan-pembinaan di tingkat kecamatan. Tapi perlu adanya kegiatan seperti POPDA kabupaten ini agar mereka lebih terdorong motivasinya. “POPDA ini juga untuk menyeleksi calon atlit yang akan mewakili POPDA tingkat Provinsi Kalbar pada 2-5 Agustus dan secara berjenjang hasil provinsi akan dibawa ke POPNAS, dan biasa sebelumnya dibawa terlebih dahulu di tingkat POPWIL,” ungkap Lukas.
Dia menambahkan, untuk tahun ganjil tahun ini cabang olahraga dalam POPDA yakni atletik dan renang. Untuk atletik meliputi lempar cakram, tolak peluru, lompat jauh, lompat tinggi, lempar lembing, dan lari. Sedangkan renang dengan gaya bebas dan dada.
“Jadi tahun ganjil ini cabang olagraga yang digelar atelitik dan renang. Kalau tahun genab olahrag bola dan lainnya,” terang Lukas. (rie)
0 Response to 'Jaring Bibit Unggul Atlet Pelajar Berbakat'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo