*Produksi Orchid Dwi Agro Mandiri Kayuara

MANDOR. Diam-diam Kabupaten Landak kaya akan potensi tanaman hias seperti anggrek. Orchid Dwi Agro Mandiri Kayuara Kecamatan Mandor salah satu penangkar tanaman hias ikut menampilkan sejumlah tanaman hias di Pekan Plori dan Plora Nasional (PF2N) 2009 di Tanggerang City Provinsi Banten yang berlangsung 24-29 Juni.
“Harapan kami dapat memperkenalkan dan mempromosikan ragam tanaman hias anggrek spesies alam dan buah lokal Kalbar khususnya daerah Landak kepada kalangan investor baik dalam negeri dan manca negara,” ungkap Suranto, S.PKP selaku Manager Orchid saat bertandang di Biro Equator sebelum bertolak ke Tanggerang.
Menurut dia, dari kegiatan ini diharapkan akan terciptanya jaringan pasar yang lebih luas, sehingga pada akhirnya akan menjadi peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja baru di sektor Agro Budidaya Tanaman Hias khususnya anggrek spesialis alam dan selanjutnya kelestarian alam Kalbar khususnya Kabupaten Landak akan tetap terjaga. “Kami juga mengucapkan dukungan kepada Ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Landak, Ny. Maria Bernadetha Adrianus yang telah sudi memberikan dukungan atas keberangkatan kami di pameran di Tanggerang,” ujar Suranto didampingi Mulyani SPD selaku Promotionmarket.
Adapun jenis produk yang dipamerkan dalam PF2N tersebut diantaranya, Anggrek Spesies (anggrek alam) meliputi, Dendrobium (Singkawangense, Flickingeria, Microglaphys, Leonis, Anosmum), Cymbidium (Finlaysonianum), Bulbophylum (Becarii, Medusae, Macrantum), Phalaenopsis (Belina atau anggrek bulan,Pantherina), Gramatophylum (Anggrek macan atau tebu), Flickinggeria Grandiflora, Nephentis atau Kantong Semar (Bicalcarata, Faflesiana, Ampuraria). Kemudian Lumut (Moss Lokal) sebagai media anggrek.
“Nah, inilah yang kami bawa di Tanggerang, jika dilihat menang selama ini kurangnya perhatian masyarakat akan potensi alam, sebagai aset yang mampu memberikan pencerahan warga sebagai sumber ekonomi. Maka perlunya penangkaran anggrek spesies daerah Landak khususnya di Mandor, sehingga kelestarian tanaman hias seperti anggrek tetap terjaga,” tandas Suranto. (rie)
0 Response to 'Anggrek Landak Tampil Pameran di Tanggerang'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo