*Petani Prestasi Diajak Ikut Pameren

MEMPAWAH HULU. Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot MSi bersama rombongan melakukan panen raya jagung hilbrida di Dusun Tiang Aping Desa Tunang Kecamatan Mempawah Hulu, Rabu (3/5) kemarin. Desa Tunang adalah daerah yang sudah ditetapkan Pemkab Landak sebagai kawasan produksi tanaman jagung.
Bupati Adrianus dalam pengarahannya meminta kepada petani jagung yang ada di Kecamatan Mempawah Hulu agar bersungguh-sungguh untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pertanian. Karena dalam program Pemkab Landak pertanian menjadi dasar utama dan landasan pokok pembangunan ekonomi di Negeri Intan ini.
“Kebetulan 18 Juni mendatang tim Kabupaten Landak akan mengikuti pemeran produksi pertanian di Jakarta, saya minta jagung-jagung yang bagus kita bawa untuk dipamerkan,” kata Adrianus.
Tapi untuk tahun ini pihak Pemkab belum bisa mengajak petani untuk ikut berangkat menampilkan pameran di senayan karena belum dianggarkan. Tapi, tahun depan bagi petani jagung yang berprestasi akan diajak di Jakarta, disana sering ada pameran pertanian produksi unggulan daerah dan jagung merupakan unggulan Kabupaten Landak. “Kami janji tahun depan petani yang berprestasi kita ajak, dan kita berharap pihak sponsor yang membantu bibit jagung yang menjadi mitra petani juga bisa membantu agar petani bisa ikut tampil dalam setiap pameran,” tegas Adrianus.
Adrianus mengatakan, Pemkab Landak dengan segenap daya upaya dan kemampuan yang ada akan terus membangun bidang pertanian termasuk masalah pemasaran dan harga hasil pertanian seperti jagung ini. “Saya tugaskan Dinas Perindagkop, Pertanian dan Bappeda untuk melakukan lobi-lobi atau menjajaki kemungkina pemasaran, jadi tidak sebatas di Singkawang bila perlu di tetangga tetangga Malaysia kita cari harga yag lebih tinggi,” ungkap Adrianus.
Kepala Dinas Pertanian Landak Ir. Pa’du Palimbong lahan pertanian yang bisa dikembangkan jagung di Desa Tunang ini seluar 600 hektare, tapi petani baru bisa mengggarap 200 hektater. Diharapkan bisa terus mengembangkan lahan yang masih ada dan tahun ini bibit hibrida yang ada untuk 2000 hektarare. “Selain itu kita juga menyarankan kepada produsen jagung hibrida yang selama ini membantu bibit, agar juga bisa membantu jaringan pemasaran. Jadi jangan hanya bisa bantu bibit juga bantu pemesaran,” kata Pa’du.
acara panen raya jagung tersebut Bupati hadir bersama rombongan yakni Sekda Drs Ludis Msi, para kepala dinas/intansi di lingkungan Pemkab Landak. Hadir jajaran Camat dan Muspika Mempawah Hulu, Kepala Desa dan undangan lainnya yang juga digelar acara dialog antara petani dan bupati. (rie)
0 Response to 'Bupati Panen Jagung di Desa Tunang'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo