Ngabang, Equator
Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif tinggal menghitung hari, namun masih banyak masyarakat yang khawatir akan tidak terdaftar di Data Pemilih Tetap (DPT) akibatnya tidak bisa memberikan hak suara pada 9 April mendatang. Namun, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menegaskan jangan saling menyalahkan. “Kita sudah melakukan pendataan April 2008 lalu, kemudian data tersebut kita diserahkan ke Menteri Dalam Negeri, setelah diberi NIK data tersebut diserahkan kepada Gubernur baru diserahkan kepada Bupati dan dikembali kepada KPU pada 5 April 2008 lalu,” ungkap Kepala Disdukcapil Landak F.Nyipendi, S.Sos, belum lama ini.
Ia mengatakan, KPU juga telah mensosialisasikan ke radio selama satu minggu disitu dihimbau agar masyarakat supaya mendaftarkan diri ke KPU atau ke PPS kalau terdapat kesalahan baik nama atau alamat agar segerah diperbaiki. Untuk itu, masyarakat juga harus pro aktif dalam menyikapi hal tersebut. Sudah lama kita sosialisasikan melalu media maupun radio, agar masyarakat segera melaporkan kalau dirinya tidak terdaftar. “Jadi kita jangan saling menyalahkan, sejak 5 April 2008 data pemilih sudah diserahkan ke KPU setelah itu bukan lagi tanggung jawab kami” tegas Nyipendi.
Senada dikatakan anggota KPU Landak Dra Theresia MS Ursus, pihaknya sudah menyerahkan daftar pemilih sementaara kepada PPS agar segera diperbaiki, maupun di data kembali agar masyarakat yang belum terdaftar agar segera mendaftar. Setelah waktu yang ditentukan data tersebut diserahkan kembali ke KPU. “Pendataan pertama dilakukan Dinas Nakerduk kemudian diserahkan kepada kita seteh itu baru kita serahkan ke PPS agar diperbaiki untuk mendata masyarakat yang belum terdata,” ungkapnya.
Terpisah anggota PPS Desa Raja Kecamatan Ngabang Darso, kalau PPS juga telah mengumumkan kemasyarakat untuk segera menaftarkan diri. Tidak hanya itu petugas PPS juga menempelkan daftar pemilih di kantor Desa, supaya maasyarakat dapat melihat apakah namanya sudah terdaftar atau tidak. “Sekitar ratusan orang pemilih yang kita tambah dari data yang pertama kita terima dari KPU,” ujarnya. (rie)


----SUARE DIRIK----
0 Response to 'Pendataan Pemilih Jangan Saling Menyalahkan'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo