PERLU penanganan serius Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar dalam mengelola dan menjaga aset bersejarah makam juang Mandor. Sedangkan Pemkab Landak sendiri tetap diminta untuk ikut mengawasi sebagai bentuk kedekatan wilayah dan rasa memiliki. “Persoalan lahan serta pengelolaan kawasan makam juang Mandor sejak dulu selalu menjadi persoalan yang tak berkesudah,” ungkap Pemerhati Kebijakan Publik Kalbar Rustam,SH saat menghubungi Biro Equator Landak, kemarin menyusul menyusul tidak jelasnya siapa yang bertanggungjawab dalam hal pengelolaan serta pengawasan kawasan tersebut.
Menurut dia, perhatian pemerintah,dinilai belum maksimal dalam merawat dan mengawasi tempat bersemanyamkan putera-puteri terbaik Kalbar saat itu. “Saya miris, jika sampai sebuah makam yang bersejarah diabaikan begitu saja oleh pemerintah,”katanya.
Ia meminta sudah saatnya Pemprov dan Pemkab Landak satu persepsi dalam mengelola kawasan tersebut. Karena kebijakan yang diambil selama ini justeru mengabaikan esensi Padahal, makam tersebut merupakan bagian dari perjalanan sejarah Republik Indonesia,lebih khusus sejarah Kalimantan Barat. “Sudah saatnya kawasan makam tersebut diurus secara serius,”pinta Rustam. (rie)
0 Response to 'Makam Juang Mandor Perlu Penanganan Serius'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo