*Festival Lagu Dayak Kanayatn Ditutup

NGABANG. Festival Lagu Dayak Kanayatn se-Kabupaten Landak yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan dan Promosi Seni Budaya Kalbar (Khatulistiwa Entertainment) pimpinan Martina Beltra resmi ditutup Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot MSi di lapangan Bardan Ngabang, Kamis (29/10) malam. Acara yang dihelat dari 25-29 Oktober diikuti 160 peserta dan masuk 20 finalis untuk diseleksi peraih juara. Untuk juara umum yang juga juara pertama putra diraih Hengky Tagasta dari Menjalin dan juara pertama putri Gradila Aprawinda dari Mempawah Hulu.
“Saya sangat berterima kasih kepada ketua dan anggota panitia dalam
kondisi yang serba kurang dan dukungan tapi bisa berjalan dengan baik dan peserta yang begitu antusias,” kata Adrianus ketika memberikan kata sambutannya.
Menurut Adrianus, tujuan festival ini untuk pengembangan seni dan budaya daerah yang memiliki arti makna sangat penting. Bagi dirinya, pengembangan kesenian, baik seni tari,seni rupa, patung, beladiri apapun namanya. “Ini yang masuk kategori seni sangat penting bagi pembangunan sumber daya kita ini,” ujar Adrianus yang lagu ciptaannya berjudul Tanah Parene’an dan Bulan Bule’ sebagai lagu wajib peserta festival itu.
Mantan Kadis Pendidikan ini berharap, kesenian agar dapat dikembangkan tidak hanya terbatas lagu dayak kanayatn, mungkin berbahasa penyadu, melayu dan lainnya. “Kita juga ada ada etnis yang lain menambah keindahan Kabupaten Landak,” ujarnya.
Ketua Panitia Jasmin SE mengharapkan kepada peraih juara agar jangan berbangga diri, karena masih banyak memerlukan waktu lagi untuk ditingkatkan. Karena tidak hanya sampai berlaga di Landak tapi bisa saja di tingkat provinsi, nasional bahkan maca negara. “Ini demi untuk mempromosiknan seni dan budaya kita khususnya busana adat Dayak Kanayatn, baik Kalbar khususnya Landak. Jadi setiap tahun akan digelarkan kegiatan seperti ini, sehingga nantinya bukan hanya kualitas saja tapi kuantitas yang akan diperhatikan,” ungkap Jasmin.
Selain para juara yang menerima tropy dan piagam, juga diberikan plakat dan piagam penghargaan bagi kecamatan yang mengirim peserta terbanyak yakni Sengah Temila dan Ngabang, kemudian camat yang mendampingi peserta dari awal sampai akhir yakni Menyuke Hulu. (rie)
0 Response to 'Hengky Tagasta Dari Menjalin Juara Umum'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo