*Laporan APBD 2008 Bersifat Tentatif

NGABANG. Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot MSi menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2008 kepada DPRD Landak, Kamis (5/11). Tapi laporan yang disampaikan masih bersifat tentatif.
“Ini karena hasil audit finalnya belum kami terima, semoga hasilnya dapat memberikan apa yang kita inginkan,” papar Adrianus dalam pidato dihadapan anggota DPRD Landak dan kepala SKPD dilingkungan Pemkab Landak.
Terkait dengan audit atas laporan keuangan pemerintah kabupaten Landak tahun anggaran 2008 ini, maka perlu disampaikan bahwa semua aspek yang dinilai oleh pihak BPK RI Perwakilan Kalimantan Barat di Pontianak meliputi, dasar pengujian, bukti-bukti yang mendukung jumlah dan pengungkapan dalam laporan keuangan.
“Standar akuntansi pemerintahan yang digunakan serta penilaian terhadap penyajian laporan keuangan secara keseluruhan,” urai mantan Kadis Pendidikan ini.
Kemudian, laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD ini merupakan salah satu instrumen untuk mengukur tingkat efisien, efektifitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan dokumen inilah yang akan digunakan untuk mengevaluasi dan menilai sejauh mana komitmen dan konsistensi di dalam pelaksanaan APBD berdasarkan Perda yang telah ditetapkan.
“Adapun dokumen-dokumen laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD yang saya sampaikan ini terdiri dari laporan realisasi anggaran, neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan yang merupakan kesatuan dokumen yang tidak dapat dipisahkan,” ungkap Adrianus.
Ini semua, telah memenuhi syarat sesuai pasal 297 ayat (1) Permendagri No.13 tahun 2006, karena semua dokumen ini sudah diaudit oleh pihak BPK RI Perwakilan Kalbar. Hakekat dari pertanggungjawaban ini merupakan bagian atau proses evaluasi atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dilaksanakan selama satu tahun. “Dengan demikian, APBD 2008 perlu diavaluasi dengan membandingkan target yang telah ditetapkan dan hasil-hasil yang telah dicapai,” tukas dia. (rie)
0 Response to 'Bupati Belum Terima Hasil Audit BPK'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo