*Jongky: Hanya Terkendala Pelatih

NGABANG. Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Tinju Amatir Nasional (Pertina) Landak komitmen untuk mengeksiskan petinju di Kabupaten Landak dengan cara melakukan pembinaan mulai dari tingkat sekolah. Hanya saja memang masih ada kendala pelatih.“Karena pelatih kita hanya mantan petinju tapi belum memiliki sertifikasi. Kalau punya pelatih anak-anak saya yakin bisa seperti petinju daerah lain. Pernah kita mendatangkan dari luar tapi juga kendala pendanaan,”kata Wakil Ketua Pertina Landak, Jongky dikonfirmasi disela-sela rapat evaluasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Landak di Hotel Hanura Ngabang, Selasa (3/11).
Menurutnya, pihaknya sudah melakukan pendekatan dengan Pengprov Pertina Kalbar yang mana dirinya juga sebagai pengurus, meminta agar disediakan pelatih untuk daerah, terutama yang memiliki atlit tinju yang potensi. Artinya, para pelatih yang disiapkan di Provinsi di kirim di daerah dengan pembiayaanya bisa sharing. “Kalau dana dari Pemenerintah kabupaten Landak memang sudah memadahi. Hanya memang sebatas untuk kegiatan pertandingan, tapi untuk teknis pembinaan belum,” ungkap Jongky.
Namun, lanjut Jongky yang juga kepala SMPN 3 Ngabang ini, pihaknya tetap komitmen untuk mengeksiskan tinju di Landak ini. Adapun langkah-langkah yang dipersiapkan seperti melakukan pembinaan kepada atlit mulai dari kelat pemula yakni tingkat kadet petinju usia 13-15 tahun, junior usia 15-16 tahun dan 16 tahun masuk kategori senior.
“Kita sudah uji coba tingkat kadet mengikuti Kejuaran Kapolda Cup pada 14-20 Oktober lalu di Pontianak petinju kita sudah meiah medali perak. Memang kalau kalau untuk juara satu kita masih kesulitan karena atlit yang kita siapkan masih baru semua,” ungkap Jongky.
Ia menambahkan, di Landak ini jumlah dari tiga lokasi latihan yang ada tercatat ada 34 orang. Untuk 26 dari anak SMP dari yaitu SMPN 3 Ngabang dan SMPN 4 Ngabang. Ini yang telah dibina setiap Kamis dan Sabtu. Karena di sekolah memang ada mata pelajaran pengembangtan diri. “Untuk lokasi latihan bisa mengguanan lapangan terbuka, kalau untuk persiapan naik ring maka di TC kan, ya buat ring ala kadarnya,” tandas Jongky (rie).
0 Response to 'Pertina Landak Komitmen Eksiskan Petinju'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo