*Kapan Tim Operasi Action?

NGABANG. Menyikapi maraknya Pertambahan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten Landak beberapa bulan lalu Bupati Adrianus AS pernah minta dukungan kepada DPRD Landak untuk pendanaan operasi bahkan siap dibentuk pos di lokasi melibatkan TNI/Polri. Sehingga dalam pembahasan APBD Perubahan 2009 dana sudah disediakan. Lalu kapan tim akan action? sementara tahun anggaran 2009 sudah akan berakhir.
“Belum lama ini kita dari tim penertiban PETI sudah melakukan rapat koordinasi. Dalam rapat koordinasi itupun dievaluasi juga hasil penertiban PETI yang sudah dilakukan. Termasuklah penertiban praktik PETI di Kecamatan Mempawah Hulu yang gagal total. Kegagalan itupun kita evaluasi juga,” ungkap Wakil Bupati Landak Agustinus Sukiman dikonfirmasi di kantornya, baru-baru ini.
Menurutnya, hasil rapat koordinasi tersebut, diambil keputusan bahwa tim penertiban akan melakukan safari dengan mendatangi beberapa kecamatan lokasi PETI. Direncanakan safari tersebut akan dilaksanakan dalam minggu ini dengan sasaran pertama di Kecamatan Mempawah Hulu. “Selain safari, kita juga akan melakukan pemantauan di lapangan. Tapi kita tidak melakukan penindakan, kita hanya memberikan pemahaman yang lebih jelas lagi kepada masyarakat, khususnya pekerja PETI,” ujar Sukiman.
Ia mengatakan, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, ia lantas mengkaitkan dengan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang melanda Landak. Sebab lubang-lubang yang sudah digali para penambang, tentu akan menampung air yang pada akhirnya menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk. “Karena semakin besar peluang nyamuk untuk bersarang. Kalau kegiatan fogging, tidak menjamin bahwa nyamuk Aides Agepty akan mati. Apalagi Jumat pekan lalu kita sudah meminta supaya masyarakat melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN),” ungkapnya.
Sukiman juga tidak menampik kalau praktik PETI di Landak ini semakin meningkat, terutama di Kecamatan Mempawah Hulu. Sebab kemungkinan saja para pelaku PETI yang sebelumnya bekerja di Kecamatan lain, kini pindah ke Mempawah Hulu. ”Mungkin mereka mengira bahwa di Kecamatan Mempawah Hulu emasnya banyak. Jadi jangan heran peredaran mesin dompeng di Mempawah Hulu sudah mencapai sekitar 60 mesin berdasarkan laporan dari masyarakat setempat,” tandas dia. (rie)
0 Response to 'Aktivitas PETI Masih Marak'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo