*Bupati: Jangan Malah Menurun

NGABANG. Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Kabupaten Landak III tahun 2009, Bupati Landak menilai tiap tahun menurun. Itu dibuktikan jumlah peserta dari 13 kecamatan, tapi hanya delapan yang mengirim kontingen. Padahal Pesparawi sangat penting untuk menciptakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Landak. “ Jadi dari segi kuantitas peserta, menunjukan kegairahan untuk mengikiuti Pesparawi makin menurun, ini menjadi koreksi bagi kita semua,” ungkap Bupati DR Drs Adrianus Asia Sidot MSi ketika membuka acara Pesparawi yang digelar dari 5-7 November 2009 di Ngabang ini.
Padahal, lanjut Adrianus, sesungguhnya Pespawari memiliki arti yang sangat penting dalam rangka untuk menciptakan atau mengupayakan terciptanya kualitas SDM di Kabupaten Landak ini. Menciptakan SDM tidak hanya satu asset saja, tidak hanya membangun intelektualnya saja. Tapi disisi lain membangun seorang manusia menjadi manusia yang utuh perlu mendapat perhatian serius
“Karena dalam konsep manusia cerdas yang juga menjadi salah satu misi Pemkab dan masyarakat Landak kita tak hanya mengejar kecerdasan intelektualitas, tapi juga spiritual sangat penting dan justru ini yang harus dikembangkan,” tegas Adrianus mantan Kadis Pendidikan ini.
Menurutnya, manusia tidak hanya bisa menghandalkan kecerdasan intelektualnya saja tapi harus memiliki moral, hati nurani, perasaan solidaritas, tidak menghargai ciptaan Tuhan. “Nah ini semua kembali kepada fitrah manusia yang tak pernah sempurna, tapi bukan berarti kita harus menyingkirkan itu semua,” ujar pria jebolan doktoral Universitas Padjajaran Bandung ini.
Maka dari itu, kegiatan Pesparawi mendapatkan tempat yang penting, karena sebagai sarana bersatu seni ibadah, rasa syukur, talenta bakat yang dimiliki oleh seseorang. Kemampuan yang ada dalam diri seseorang, membentuk paduan suara, melantunkan lagu rohani, pujian, persembahan kepada Tuhan Sang Pencipta mempunyai nilai tersendiri. “Tidak hanya dinilai dari segi indah komposisi sebuah lagu atau dinilai kemampuan kelompok yang membawakan lagu secara harmoni, juga penghayatannyaterhadap kata demi kata dalam syair terhadap lagu yang dibawakan,” urai Adrianus.
Ketua LPPD Landak, Markus Amid STh MDiv Pesparawi mengimbau agar seluruh masyarakat Landak, khususnya umat Kristiani menjalin persatuan dan kesatuan. Hal itu dimaksudkan dia supaya situasi tetap kondusif sehingga pesparawi dapat terlaksana dengan baik. “Tujuan diadakannya Pesparawi adalah untuk menaikkan ungkapanpujian dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Meningkatkan kualitas Iman serta memupuk tali persaudaraan, persatuan dan kebersamaan antar umat beragama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat madani,” ungkap Markus yang juga anggota DPRD Landak ini. (rie)
0 Response to 'Pesparawi Menciptakan Kualitas SDM'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo