MENYUKE. Bupati Landak DR Drs Adrianus Asia Sidot MSi diundang masyarakat untuk panen raya padi di Dusun Guna Desa Angkaras Kecamatan Menyuke, Kamis (5/11). Bupati didampingi Wakil Bupati Agustinus Sukiman, Kepala Dinas Pertanian Pa’du Palimbong dan sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemkab Landak. “Saya diundang panitia untuk panen raya padi, meskipun yang dipanen hanya sedikit karena sebelumnya sudah dipanen dan hasilnya memadahi,” kata Bupati.
Jadi ini yang diharapkan oleh Pemkab Landak dan menjadi program bersama baik masyarakat dan pemerintah. Karena pemerintah hanya memberikan sarana dan memberikan pembinaan agar masyarakat menanam padi dua kali dalam satu tahun. “Hasilnya untuk keuntungan masyarakat bukan untuk pemerintah,” katanya.
Mengapa harus tanam padi dua kali minimal dalam satu tahun? mungkin ketika tanam pertama atau musim rendengan hasilnya hanya cukup untuk makan, maka hasil panen kedua atau musim gadu bisa untuk tabungan masyarakat agar bisa membantu untuk mengatasi keperluan. “Maka harus bertanam padi minimal dua kali dalam satu tahun,” tegas Bupati.
Kapala Dinas Pertanian Pa’du Palimbong mengatakan, dunia pertanian untuk peningkatan ketersediaan pangan melalui pemanfaatan sumber daya lokal secara optimal, Peningkatan komsumsi pangan yang beragam, bergizi dan berimbang serta peningkatan sisitem informasi kewaspadaan kerawanan pangan dan gizi serta penanggulangan masalahnya secara terpadu.
Lanjut Pa’du, Dinas Pertanian Landak, program pembangunan tanaman pangan di Kabupaten Landak yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir yakni peningkatan ketahanan pangan, pengembangan agribisnis, peningkatan kesejahtraan petani dan penyelenggaraan Pemerintahan yang baik.
“Untuk mewujudkan program pembangunan tanaman pangan khususnya komoditi padi di Kabupaten Landak, strategi pembangunan yang ditempuh oleh Dinas Pertanian Kabupaten Landak antara lain, peningkatan produktivitas padi, perluasan areal tanam padi, pengamanan produksi padi dan penguatan kelembagaan petani,” tukas dia. (rie/humas)
0 Response to 'Bupati Panen Raya Padi di Dusun Guna'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo