Peringatan Harkesnas Meriah

NGABANG. Memperingati Hari Kesehatan Nasional (Harkesnas) ke-45 dengan tema lingkungan sehat, rakyat sehat. Dinas Kesehatan (Dinkes) Landak sudah menggelar sejumlah kegiatan dan berlangsung meriah. Adapun kegiatan tersebut diantaranya bakti sosial membangun jamban keluarga sebanyak 30 unit di Kecamatan Menjalin yang sekarang ini masih dalam tahap pengerjaan. Pemutaran film dan penyuluhan kesehatan mengenai demam berdarah serta PHBS, pertandingan bola volly antar Dinkes Landak, RSUD dan Puskesmas se Landak. “Kemudian, lomba balita sehat, lomba senam Lansia, gerak jalan santai dan penyerahan ambulance secara simbolis untuk Puskesmas Sebangki,” kata Plt. Kepala Dinkes Landak, Sophia Tjakre kepada Equator usai menghadiri undangan pelantikan pimpinan DPRD Landak, Selasa (17/11)
Menurut Sophia, lingkungan sehat memang sangat berperan didalam menciptakan masyarakat yang sehat. Karena sebagian besar penyakit menular dapat dicegah dengan perbaikan dan kualitas lingkungan yang mencakup akan ketersediaan air minum, sanitasi, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, pengendalian bahan berbahaya dan logam berat serta penanganan limbah rumah tangga dan industri. “Kesehatan merupakan tujuan dari semua elemen masyarakat yang ada. Memang dirasakan perlu untuk mengembangkan cara pandang masyarakat dibidang kesehatan,” kata dia.
Ia mengunglapkan, kalau sebelumnya pelayanan kesehatan masih menempatkan masyarakat sebagai objek, maka saat ini masyarakat harus didorong dan diberdayakan untuk mampu secara mandiri menjamin terpenuhinya kebutuhan kesehatan yang berkelanjutan serta melibatkan diri dalam membangun lingkungan yang sehat. “Perilaku membangun lingkungan yang sehat seperti pemicuan perilaku menuju hidup bersih dan sehat melalui Posyandu, membiasakan diri cuci tangan pakai sabun dan kegiatan lain yang menempatkan masyarakat sebagai bintang utama,” tukas dia. (rie)
0 Response to 'Sophia: Ciptakan Masyarakat Sehat'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo