NGABANG. Kepala Kantor Departemen Agama (Kakandepag) Landak Mudjazie Bermawie mengusulkan supaya pelaksanaan sholat Idul Fitri tahun ini digelar di tanah lapang. Sebab ia menilai dengan dilaksanakannya sholat Ied di tanah lapang, tentu akan lebih afdol. “Ini hanya usulan saja dari kita. Sebab selama ini sholat ied sering diadakan disetiap Masjid. Nah, coba mulai tahun ini kita mengadakannya di tanah lapang. Entah di lapangan sepakbola Bardanadi Ngabang, lapangan sepakbola Yonarmed dan tanah lapang lainnya,” kata Mudjazie saat berdiskusi dengan wartawan, belum lama ini.
Menurut Mudjazie, dengan dilaksanakannya sholat ied di tanah lapang, tentu pelaksanaannya akan lebih afdol. Sebab jika ada seorang wanita yang berhalangan untuk melakukan sholat, ia bisa datang ke tanah lapan untuk mendengarkan khutbah saja. “Kalau sholat Ied dilaksanakan, tentu si wanita yang bersangkutan tidak diperkenankan masuk Masjid karena masih berhadas besar,” ujarnya.
Ia mengakui bahwa untuk melaksanakan sholat Ied di tanah lapang memang tidak gampang. Apalagi bagi Landak yang tidak pernah melaksanakan sholat Ied di tanah lapang. “Tentunya kita akan melakukan berbagai macam persiapan di tanah lapang. Misalnya membersihkan sampah sehingga tanah lapang tersebut steril dan aman untuk melaksanakan sholat Ied. Tapi semuanya itu tentu merupakan tugas dari PHBI. Kita di Depag hanya memberikan usulan saja,” tandas dia. (rie)
0 Response to 'Sholat Ied Diusulkan di Tanah Lapang'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo