*Bangun Pos di Empat Titik

NGABANG. Polres Landak siap melakukan pengamanan lebaran Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriah yang dimulai sejak 13 sampai 28 September mendatang, ada empat titik lokasi dibangun pos pengamanan yakni pasar Ngabang, Gunung Sehaq, pasar Mandor dan pasar Karangan.
“Kita kerahkan 2/3 kekuatan Polres dari 500 orang, dan ada empat pos pengamanan. Jadi pos ini ditempatkan anggota kita dan dari intansi lainnya. Kita operasi Ketupat Kapuas 2009 dimulai 13 sampai 28 September,” kata Kapolres Landak AKBP Drs Tony Ep Sinambela MSi kepada wartawan usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2009 di halaman Mapolres Landak, Sabtu (12/9) kemarin.
Sementara itu amanah Kapolri yang dibacakan Kapolres Tony Ep Sinambela mengatakan, dalam menghadapi tugas pengamanan operasi ketupat 2009, maka pada kesempatan apel gelar pasukan ini, terdapat beberapa hal yang perlu ditekankan, yaitu, lakukan deteksi dini melalui peran intelijen yang bekerja sama dengan komuniti intelijen lainya untuk mendeteksi berbagai fenomena yang berkembang dalam masyarakat yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas agar dapat diantisipasi dengan baik.
“Laksakan penggelaran kekuatan dengan tepat, pada titik – titik rawan dalam rangka memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat melalui koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat, sehingga terwujud sinergi, keterpaduan dan kebersamaan,” urai Tony.
Kemudian, lakukan “patroli bimastral” pada lintasan jalur rel kereta api, guna mengantisipasi setiap bentuk aksi terorisme maupun pencurian terhadap perlengkapan jalur kereta api yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. “Berdayakan peralatan utama polri semaksimal mungkin untuk mendukung pemantauan arus lalu lintas dan patroli jalan raya maupun patroli udara dan perairan serta pelayanan ambulance udara, yang dapat dengan cepat menolong dan menyelamatkan korban kecelakaan maupun pada situsi darurat lainya,” ungkap Tony.
Tingkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror, yang memanfaatka momen silaturahim maupun aktivitas masyarakat lainya pada masa lebaran dan tingkatkan ketanggapsegeraan dalam penanganan situasi kontijensi sesuai dengan sop, khususnya berkenaan dengan kemungkinan terjadi bencana alam di titik-titik rawan bencana. “Bertindaklah tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum, yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibselcarlantas maupun kamtibmas secara umum,” ujarnya.
Waspadai dan antisipasi aksi tawuran antar warga, sweeping atau razia tempat hiburan secara illegal, sweeping terhadap warga negara tertentu, serta penyelewengan distribusi bbm, penimbunan sembako, maupun jual beli petasan dan mercon. “Laksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan operasi ketupat 2009, guna di jadikan referensi dalam penyelenggaraan operasi ketupat tahun depan, untuk perencanaan operasi ketupat selanjutnya sehingga dapat disusun konsep operasi yang tepat dan akurat sesuai dengan hakekat ancaman yang dihadapi,” tukasnya. (rie)
0 Response to 'Polres Landak Siap Amankan Lebaran'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo