Ngabang, Equator
PEMERINTAH Kabupaten Landak dalam upaya mendongrak perekonomian masyarakat terus digenjot. Salah satunya di sektor pertanian, itu terbukti masyarakat petani dengan giat melakukan kegiatan panen raya dengan mengundang Bupati dan Gubernur Kalbar. Karena kegiatan panen raya juga merupakan upaya untuk memotivasi petani untuk peningkatkan hasil taninya, selain itu juga suatu kegiatan swadaya dari para petani yang bersangkutan.
Kepala Dinas Pertanian Landak Ir Pa’du Palimbong mengungkapkan, saat ini dalam kebijakan pertanian diantaranya ada tiga jenis komoditi andalan yakni, tanaman padi yang merupakan sumber makanan pokok manusia khususnya di Indonesia. “Kemudian komoditi jagung, yang juga suatu prospek untuk dikembangkan dan komoditi komodiri ubi kayu,” ujar Pa’du saat acara panen raya di Desa Paloan Kecamatan Sengah Temila, baru-baru ini.
Menurut Pa’du, ketiga komoditi andalan ini masyarakat petani jangan khawatir dalam pemasaran, karena Kabupaten Landak sudah mempunyai mitta untuk pembelian hasil pertanian, baik padi dan jagung. “Sekarang kita di Senakin sudah memiliki pabrik penggilingan beras yang cukup besar dengan kapasitas 6 ton per jamnya. Jadi kelebihan kita di Landak hasil tani langsung bisa dijual kepada mitra kita,” katanya. (rie)
0 Response to 'Tiga Komoditi Pertanian'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo