*Diklat Kearsipan Digelar

Ngabang, Equator
Penyimpanan arsip kegiatan suatu organisasi kepemerintahan sangat penting, karena arsip merupakan sumber informasi untuk rujukan dalam pelaksanaan kebijakan kepada pimpinan dari organisasi yang bersangkutan. Jika tidak ada arsip sebagai bukti kuat, jangan disalahkan instansi pengaudit seperti KPK, BPK dan Badan Pengawas lainnta menganggap kegiatan yang dilakukan instansi yang bersangkutan dianggap mengada-ada.
“Arsip sangat penting jangan dianggap sepele. Karena arsip juga merupakan informasi untuk menyusun rencana dan perencanaan untuk menentukan kebijikan layanan informasi pada pihak-pihak yang diperlukan,” tegas Marcos Lahiran S.Sos Asisten Administrasi dan Umum Setda Landak, saat memberikan pengarahan mewakil bupati pada pembukaan Diklat Kearsipan yang digelar Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Landak, Selasa (16/9) di Aula Bappeda Landak.
Lebih lanjut Marcos mengatakan, arsip memang perlu disimpan benar jangan sampai hilang, karena suatu saat akan diperlukan, sehingga arsip-arsip yang sudah disimpan akan dibongkar lagi. “Kita tidak mampu semua mengingat, maka arsip perlu disimpan,” ujar Marcos.
Menurut Marcos, dalam penyimpanan arsip memang banyak bermacam-macam cara diantaranya ada yang menyusn berdasarkan huruf abjab seperti A, B, C dan seterusnya dengan disimpan menggunakan fail atau box, sehingga ketika diperlukan akan gampang mencarinya. Kemudian ada juga yang menggunakan berdasarkan masalah arsip tersebut seperti tentang politik, ekonomi, sosial dan lainnya. “Serta ada juga berdasarkan urutan kerja seperti Perda nomor sekian dan lainnya,” kata Marcos.
Sementara itu, Kepala Kantor Arpusda Landak Drs.FK Heriyadi dalam laporannya mengatakan, Pendidikan dan Latihan (Diklat) teknis tugas dan fungsi bagi PNS daerah di bidang kearsipan Kabupaten Landak berlangsung selama dua hari dari tanggal 16 sampai 17 September dengan diikuti 40 orang dari instansi/SKPD dan kecamatan dengan menghadirkan nara sumber dari Badan Komunikasi Informasi Kearsipan Daerah (BKIKD) Kalbar. (rie)
0 Response to 'Arsip Sangat Penting Jangan Dianggap Sepele'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo