*Jumlah Koleksi 10.229 Buku

Ngabang, Equator
Minat baca dan haus informasi masyarakat Kabupaten Landak mulai terlihat dengan membeludaknya jumlah pengunjung Perpustakaan Daerah (Perpusda). Itu terlihat sejak diresmikan Perpusda pada September 2008 hingga saat ini mencapai 400 orang pengunjung dengan mendekati 100 orang anggota.
“Sejak diresmikan sampai hari ini (kemarin,red) sekitar 400 pengunjung. Jadi tidak benar kalau dikabarkan hanya 4 sampai 5 orang saja pengunjung tiap hari,” kata Yohanes Ngalai seorang Staf Perpustakaan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Landak ditemui Equator saat sibuk di ruang Perpustakaan, Senin (10/11) kemarin.
Menurutnya, dari jumlah pengunjung dan anggota perpustakaan terdiri dari unsur pelajar mulai tingkat SD, SMP dan SMP, kemudian mahasiswa, PNS, TNI dan masyarakat umum yang ada di Kabupaten Landak ini. Untuk kalangan mahasiswa mereka berasal dari beberapa perguruan atau sekolah tinggi yang ada di Landak ini seperti Setia Arastamar Ngabang, Universitas AKI, Universitas Terbuka (UT) dan tugas belajar kebidanaan. “Jadi memang sangat banyak jumlah pengunjung kita,” ujar Ngalai.
Ngalai mengungkapkan, hingga saat ini jumlah koleksi buku di Perpusda Landak ini terdiri 10.229 buah dengan 2.479 judul buku. Diharapkan dengan jumlah koleksi yang ada saat ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang memang memelukan bahan baik untuk referensi maupun tugas-tugas belajar mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi serta untuk pengetahuan masyarakat umum. “Kita hanya berharap pengunjung dapat puas atas pelayanan kami, dengan jumlah buka mungkin masih dikatakan terbatas,” ujar Ngalai.
Ngalai mengharapkan bagi yang ingin menjadi anggota Perpusda Landak dipersilahkan untuk mendaftar. Adapun syarat menjadi anggota antara lain menyerahkan foto kopi identitas serta menunjukan yang asli, menyerahkan fas foto ukuran 2x3 sebanyak dua lembar dan 3x4 satu lembar dan mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak perpustakaan. “Sedangkan hak dan kewajiban anggota dan pengunjung, mereka berhak memperoleh pelayanan yang sebaik-baiknya. Kemudian anggota dan pengunjung juga wajib mentatati peraturan perpustakaan daerah Kabupaten Landak ini,” tegas Ngalai.
Sedangakan jam buka perpustakaan untuk Senin-Kamis pukul 08.00 sampai 16.00 istirahat pukul 12.00 sampai 13.00 dan Jumat jam buka pukul 08.00 sampai 11.00 wib. “Masalah alamat perpustakaan pastinya juga perlu diketahui untuk sementara ini masih menggunakan eks aula kantor bupati di jalan Pangeran Cinata Ngabang,” tandas Ngalai. (rie)
0 Response to 'Pengunjung Perpustakaan Daerah Membeludak'
Copyright © 2009 www.harianequatorlandak.blogspot.com. All Rights Reserved. by Templates Jaring Borneo